Ruang Laktasi Untuk Ibu Menyusui Di Kota Depok

Ruang Laktasi Untuk Ibu Menyusui Di Kota Depok

HarianDepok.com – Berita , Setiap ibu menyusui pasti harus menyusui anaknya. Terlebih jika anaknya baru berusia di bawah 2 tahun maka kebutuhan akan ASI sangatlah penting dan wajib diberikan oleh sang ibu. Memperoleh ASI eksekusi adalah hak setiap anak agar anak memperoleh nutrisi alami dari tubuh. Hal ini salah satunya disebabkan oleh minimnya keberadaan ruang laktasi yaitu ruang khusus untuk menyusui bagi ibu dan anaknya. Ruangan tersebut wajib dibangun dengan baik di berbagai tempat umum agar kerik bayi minta untuk diberi ASI sang ibu siap untuk memberikan ASInya dengan nyaman dan aman.

Sayangnya di mall-mall saja jarang ada yang menyediakan ruang khusus untuk ibu menyusui. Apalagi tempat umum lainnya seperti stasiun, perkantoran, terminal bahkan pasar tradisional. Padahal pemberian ASI tak boleh ditunda tunda seperti halnya masa kemasan anak pada usia di bawah tiga tahun yang tak bisa ditunda lagi. Oleh karena itu dinas kesehatan kota Depok bekerja sama dengan asosiasi ibu menyusui Indonesia hendak melakukan edukasi dan sosialisasi mengenai pentingnya keberadaan ruang laktasi di tempat tempat umum dan tempat-tempat perkantoran.

Semua harus dimulai dari area perkantoran dinas kota Depok dulu. Hal ini akan semakin memudahkan pihak pemerintahan untuk melakukan sosialisasi dan edukasi dengan perkantoran yang lain. Tentu saja selama ini sosialisasi masih kurang, terlebih lagi edukasi yang dilakukan oleh AIMI hanya dilakukan jika ada permintaan dari luar saja sedangkan tidak ada sosialisasi rutin yang dilakukan. Kelak setiap lantai di perkantoran harus memiliki satu ruang laktasi nyaman.

Tak perlu ruangan luas untuk keperluan ruang laktasi. Yang terpenting tempat nyaman bagi ibu dan anak. Tentunya juga harus disediakan wastafel untuk cuci tangan namun hal itu juga bisa diletakkan terpisah. Yang tak kalah penting dari hal tersebut adalah dengan memperhatikan tingkat privasi dari ibu yang mungkin tak bersedia jika harus spa sama menyusui dengan ibu yang lainnya.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)