Impian Kota Vertikal Milik Tiongkok

Impian Kota Vertikal Milik Tiongkok

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Tiongkok sebagai daerah yang selalu membuat bentuk-bentuk bangunan pencakar langit yang controversial tentunya telah dikenal oleh seluruh dunia. Desain dari bangunan yang ada di tiongkok bahkan telah melampaui pencakar langit yang ada di Arab, Amerika, maupun Eropa sendiri. Kecanggihan dalam membuat bangunan yang kontroversial sudah mengalir dalam diri orang-orang tiongkok. Pada sebuah kesempatan, Antony Wood atau direktur eksekutif Council on Tall Buildings and Urban Habitat mengungkapkan bahwa daerah tiongkok adalah daerah yang memiliki tingkat kualitas desain, tipologi, dan teknis yang sangat maju dalam pengembangan pembuatan pencakar langit.

Negara ini melakukan banyak inovasi terhadap desain bangunan mereka dikarenakan populasi mereka yang meningkat sampai sekala global dengan jumlah lahan tempat tinggal yang tergolong sempit. Wood sendiri mengungkapkan pada tahun depan, tiongkok akan membangun satu dari tiga bangunan tertinggi di dunia yang ketinggianya akan mencapai 150 meter. Pada tahun 2015 ini juga, tiongkok akan berusaha membuat terobosan yang sangat mustahil dengan membangun sebuah tower tertinggi di dunia yang diperkirakan akana mencapai ketinggian 632 meter akan diberi nama sebagai Shanghai tower.

Tingkat antusiasne yang tinggi dari negara ini terhadap bangunan pencakar langit akan menjadikan negara ini sebagai negara yang pengkoleksi bangunan pencakar langit yang terbesar di seluruh dunia. Tiongkok sendiri membuat sebuah target dimana pada tahun 2020 yang akan datang, tiongkok akan membuat bangunan-bangunan yang akan menjadi 6 dari 10 bangunan tertinggi yang ada di dunia. Dari keenam gedung pencakar langit tersebut, diperkirakan tidak akan ada satu gedung pencakar pun yang akan menyaingi tingginya Burh Khalifa yang terletak di Dubai dengan ketinggian 828 Meter.

Selain ambisi untuk membuat bangunan yang tinggi, negara ini juga akan tetap memperdulikan kelayakan huni dari bangunan tersebut karena bangunan sebenarnya dibuat guna memenuhi kebutuhan akan hunian bagi warga negara. Untuk itu, tiongkok juga berencana ingin megembangkan kota vertikal di negara mereka. Shanghai tower sendiri dalam desainnya juga akan menggunakan corak struktur vertikal yang akan dilengkapi dengan hunian, galeri, took, dan fasilitas hiburan yang terstruktur vertikal serta adanya tambahan kebun vertikal di tempat tersebut.

[NurMungil/HD]

Rate this article!
Tags:
author

Author: