Regulasi Dan Perizinan Menjadi Kendala Investasi Di Indonesia

Regulasi Dan Perizinan Menjadi Kendala Investasi Di Indonesia

HarianDepok.com – Properti , Beberapa investor asing menganggap masalah perijinan di Indonesia membutuhkan waktu yang lama dan juga tidak efisien. Hal ini juga disampaikan oleh Sonny Aswani selaku group Executive Director Tolaram Group yang mengatakan proses perizinan untuk pembangunan property di Indonesia tidak efisien dan begitu lama dibandingkan dengan perizinan di Estonia. Karena proses perizinan yang lama membuat para investor asing menjadi kesulitan membangun propertinya di Indonesia.

“Di Estonia, untuk proses perizinan pembangunan proyek property tidak membutuhkan waktu lama dan sangat cepat, sehingga Estonia dibanjiri oleh berbagi investor asing. Sedangkan di Indonesia kami membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapat perizinan pembangunan proyek apartemen arzania yang berada di tendean”Ujar Sonny. Dia membandingkan dengan Estonia karena di Negara tersebut Tolaram sudah membangun sebanyak empat proyek property. Semua proyek tersebut adalah Pagari One Estonia, Tolaram Center Estonia, Rimi Supermarket Estonia, dan Paldisk Rd 96 estonia.

Selain membangun proyek di Estonia, Tolaram juga membangun proyek di Singapore yaitu 1A internasional Businnes park Singapore dan Hawaii Tower Singapore. Sonny berharap pemerintahan Indonesia yang baru dapat menmgubah proses perijinan pembangunan yang lama menjadi lebih efektif, cepat dan juga efisien. Jika hal ini dilakukan akan membuat banyak investor asing masuk ke Indonesia, melihat Indonesia sebagai salah satu pasar yang sangat besar di kawasan Asia terutama Asia Tenggara. Selain masalah peizinan, kendala lain yang harus diubah oleh Indonesia adalah masalah restriksi regulasi.

Di Indonesia kita dapat membangun apa saja dan dimana saja, tidak seperti di Singapore atau Estonia yang memberikan batasan atau zona untuk membangun sebuah bangunan property sehingga kompetisi di pasar bisa dijaga dengan baik dan benar. Jika hal ini dapat diubah akan membuat Indonesia lebih maju lagi kedepannya. Saat ini Toloram sudah mempunyai cadangan lahan sebesar 7 hektar, yang rencana akan dibangun hotel, perkantoran, apartemen dan masih banyak lainnya.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok