BNN Depok Mengadakan Sosialisasi Narkoba Ke Masyarakat

BNN Depok Mengadakan Sosialisasi Narkoba Ke Masyarakat

HarianDepok.com – Berita – Cimanggis , Narkoba merupakan salah satu hal yang harus dihindari untuk seluruh masyarakat indonesia. Pada hari jumat (31/10/14) kemari BNN (badan narkotika nasional) kota depok melakukan sosialisasi kepada masyarakat depok mengenai bahaya narkoba. Pada hari jumat kemari BNN mengadakan sosialisasi narkoba di kelurahan Tugu, kecamatan cimanggis kota depok. Dalam sosialisasi ini Engkos Konidin selaku kepala seksi pencegahan BNN kota depok menjelaskan tentang berbagai hal mengenai bahaya dari narkotika dan obat-obat terlarang.

Dalam kesempatan ini Engkos Konidin menjelaskan bahwa UU narkotika dibuat untuk menjamin ketersediaanya obat narkotika dalam kepentingan pelayanan kesehatan dan juga untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu juga untuk melindungi, mencegah, dan menyelamatkan masyarakat bangsa Indonesia dari masalah penyalahgunaan narkoba. BNN juga berguna untuk memberantas pemasaran dan peredaran narkoba dan juga untuk menjamin upaya pemberian rehabilitasi kepada para pecandu narkoba dan juga penyalahgunaan narkoba.

Tujuan Indonesia untuk tahun 2015 nanti adalah menciptakan generasi sehat tanpa narkoba dan untuk menuju Indonesia bebas Narkoba Tahun 2015 nanti. Narkoba merupakan zat sentetis atau semi sintetsi yang dapat mengakibatkan penurunan kesadaran,, menghilangkan rasa, menghilangkan rasa nyeri dan juga dapat menyebabkan ketergantungan. Untuk narkoba golongan 1, tidak digunakan dalam proses penyembuhan kesehatan atau penelitian karena dapat menyebabkan ketergantungan yang sangat tinggi. Misalnya seperti heroin, cocain, ganja, amfetamin, opium, MDMA dan masih banyak lainnya.

Sedangkan untuk golongan 2 digunakan untuk proses kesehatan seperti morfin, metadon dan pethidin. Golongan ini dapat digunakan untuk menyembuhkan terapi suatu penyakit. Untuk golongan III seperti ethil morfin juga digunakan dalam proses pengobatan karena tidak begitu menyebabkan ketergantungan. Menurut pasal tentang narkotika, bagi masyarakat yang tercandu narkotika harus dilakukan rehabilitasi. Untuk yang masih dibawah umur, orang tua atau wali dari si pecandu wajib melapor kebagian yang berwajib. Oleh karena itu bagi orang tua harus menjaga dan mengawasi anaknya dengan baik.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: