Depok Menjadi Tempat Pelatihan Pemadam Kebakaran Se-Indonesia

Depok Menjadi Tempat Pelatihan Kebakaran Juru Padam

HarianDepok.com – Berita – Sukmajaya , Pada hari jumat (31/10/14) kemarin 38 juru padam dari tujuh kota atau kabupaten di Indonesia. Mereka melakukan pelatihan simulasi kebakaran di gedung satlakar, sukmajaya, kota depok. Seluruh peserta pelatihan simulari juru padam tersebut berasal dari kota dumai, kabupaten aceh tengah, kabupaten purbalingga, kota bogor, kota ambon, kota kutai kartanegara dan juga kota baru. Dalam pelaksanaan para peserta dibagi menjadi dua bagian untuk melakukan pelatihan pemadaman kebakaran gedung dan juga simulasi kebakaran tangki minyak.

Dalam pelatihan ini, selain tentang simulasi kebakaran gedung dan tangki minyak. Juga diajari tentang simulasi penyelamatan korban dengan cara para pemadam kebakaran melakukan refling dari lantai dua gedung. “ kegiatan pelatihan simulasi ini bertujuan untuk melatih para juru padam agar lebih kenal dengan api. Selain itu mereka juga harus paham mengenai pengendalian api yang aktif maupun yang pasif. Mereka haru bisa mengatur regu dengan formasi yang tepat dan efisien agar dapat memadamkan api dan juga menyelamatkan korban dengan baik” ujar M. hakim siregar selaku kabid pengendalian operasional dinas pemadam kebakaran kota depok.

Sebelum melakukan praktek simulasi kebakaran, para peserta pelatihan sudah diberikan teori tentang pemadaman kebakaran terlebih dahulu. Pelatihan juru pada ini merupakan pelatihan untuk angkatan keempat yang telah dinas pemadam kebakaran depok laksanakan. Kota depok telah ditunjuk oleh kementrian dalam negeri untuk melakukan pelatihan yang keempat kalinya pada satu tahun ini. Hal ini yang disampaikan oleh Roro Khasan selaku Kepala Pusat dinas pelatihan kepala pusat pendidikan dan pelatihan jabatan fungsional badan diklat kementrian dalam negeri.

Kota depok merupakan salah satu kota di Indonesia yang sudah mempunyai gedung pelatihan kebakaran sendiri dibandingkan kota atau kabupaten lainnya. walaupun gedung pelatihan yang dipunyai kota depok belum begitu luas. Tetapi untuk melakukan pelatihan juru padam ini, gedung pelatihan kebakaran depok sudah cukup. Pelatihan juru padam ini mempunyai tingkat sampai delapan tingkat. Untuk pelatihan juru padam tingkat satu sudah cukup dilakukan di kota depok.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok