Kunjungan Presiden Joko Widodo Warga Korban Letusan Gunung Sinabung Direlokasi

Kunjungan Presiden Joko Widodo Warga Korban Letusan Gunung Sinabung Direlokasi

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Presiden Joko Widodo mengunjungi korban letusan gunung sinabung di kabupaten Karo Sumatera Utara. Rencana relokasi yang sudah dicetuskan sejak era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono sempat terhenti, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup sudah menerima kabar ini, LH Siti Nurbaya mengatakan “Ya, sebagai Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, saya sudah tanda tangani surat ke Pemerintah Kabupaten Karo, Sumut, untuk menyetujui areal seluas lokasi 458 hektar yang sebelumnya diminta untuk relokasi warga korban Gunung Sinabung. Jadi, janji Pak Jokowi untuk relokasi warga sudah direalisasi,” Kamis (30/10/2014)

Luas lahan yang disiapkan mencakup wilayah Siosar seluas empat ratus empat puluh tujuh hektar, mantan Sekretaris Jenderal Kementrian Dalam Negeri dan Dewan Perwakilan Daerah lahan di Siosar memang sudah disiapkan sejak lama, selain wilayah Siosar relokasi juga diarahkan ke daerah Karo seluas sebelas hektar yang dipergunakan untuk akses jalan serta pembukaan lahan pertanian baru. Surat mengenai keputusan relokasi sudah ditandatangani pada 29 Oktober 2014 dengan nomor Nomor S.482/Menhut/II/2014.

Siti Nurbaya selaku Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup menindak lanjuti dengan segera setelah ditelpon Presiden Joko Widodo, pihaknya langsung memimpin rapat dengan petinggi-petinggi di jajaran Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup hingga malam hari, “Memang awalnya tidak mudah meyakinkan bahwa izin Kemenhut dan LH harus segera dikeluarkan karena ada alasan-alasan tertentu, tetapi saya bilang demi kelangsungan hidup masyarakat berdasarkan konstitusi, serta tanpa keuntungan pribadi sama sekali, saya putuskan menyetujui penggunaan lahan tersebut,” lanjutnya.

Berbeda dengan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup periode sebelumnya yang tidak langsung menindak lanjuti permohonan warga korban sinabung untuk direlokasi, Siti Nurbaya Langsung memproses dan memberikan jalan, permintaan relokasi sudah diajukan warga korban letusan gunung sinabung sejak pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Keputusan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup memberikan angin segar kepada warga yang sudah berbulan-bulan menderita.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: