Ganti Presiden, Ganti Pula Gayanya – “ Gaya dan Sepatu Paspampres”

Ganti Presiden, Ganti Pula Gayanya - “ Gaya dan Sepatu Paspampres”

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Rabu, 29 Oktober 2014 Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke warga-warga yang sedang mengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung seusai melakukan kunjungannya di Desa Gurukinayan, Karo. Warga sangat antusias dan menyalami bapak Presiden RI dengan senang dan gembira. Blusukan perdana bapak Presiden Jokowi ke Tanah Karo untuk melihat keadaan dan kondisi para korban pengungsi serta memberikan bantuan dan mencari solusi akan penyelesaian proses relokasi bagi warga yang terkena musibah tersebut.

Layaknya seperti Negara Indonesia, pergantian dari tuannya mengubah pula akan wajah perangkat Istana dan tim horenya. Gaya bapak Presiden sekarang telah diikuti oleh para pegawainya, yaitu memakai kemeja putih dengan bawahan hitam. Akan tetapi ini bukan hal yang baru juga, karena di masa sebelumnya bapak Wapres Boediono juga telah memakai gaya busana tersebut. Beda gaya, beda orang, beda pula perlakuannya. Saat Bapak Presiden berkunjung ke Karo, Sumatera Utara, beliau memangkas pengiring serta mengajak para wartawan ikut beserta rombongan utama dengan memakai pesawat Kepresidenannya. Jarang-jarang ada wartawan ikut menunggangi pesawat biru milik bapak Presiden RI tersebut.

Di kecamatan Kabanjahe, Jokowi mengunjungi 3 tempat yang dijadikan tempat pengungsian para warga yang terkena erupsi Gunung Sinabung. Tiap pertemuan, dilakukan dengan singkat. Yang lebih banyak dilakukannya hanyalah mendengarkan keluh kesah, kemudian mencari solusi dari hal tersebut. Misalnya dikomplek Universitas Karo saat Jokowi melintas, kondisi dibiarkan apa adanya seperti adanya jemuran pakaian yang masih tertenteng, dan lain hal sebagainya.

Selain 3 tempat pengungsian di Kabanjahe yang didatangi Jokowi, ia juga mendatangi Desa Gurukinayan di kaki Gunung Sinabung. Perjalanan yang ditempuhnya mencapai kurun waktu kurang lebih 1 jam. Saat itu terlihat akan manfaat sepatu bersol karet yang dipakai Komandan Jendral Paspampres Mayjen Andika Perkasa. Ia berjalan di depan Presiden dan tersenyum saat disinggung mengenai sepatunya. “ Jelaskan manfaatnya sekarang,” tutur Presiden sambil menapaki jalan yang tertutup oleh pasir vulkanik. Dan sampai sekarang Andika selalu memakai sepatu barsol tersebut dengan celana panjang dan dipadukan dengan kemeja batik.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: