Depok Harap Kementerian Agraria Selesaikan Masalah Pembebasan Lahan Tol

Depok Harap Kementerian Agraria Selesaikan Masalah Pembebasan Lahan Tol

HarianDepok.com – Berita – Cimanggis , Kota depok merupakan salah satu kota yang cukup padat di sekitar Jakarta. Banyak bisnis property dan bisnis lainnya yang berpusat di kota depok. Kota depok di lewati oleh empat tol besar, yaitu tol depok sampai antasari (Desari), tol cinere sampai jogorawi (Cijago), tol cimanggis sampai cibitung dan tol cimanggis sampai nagrak. Namun sampai saat ini, pembangunan tol tersebut masih terhambat. Hal ini dikarenakan terhambatnya masalah pembebasan lahan untuk pembangunan tol tersebut. Oleh karena itu pemprov kota depok, mengharap kementrian angraria dan pertanahan diminta untuk segera menyelesaikan masalah ini.

Berdasarkan data yang diperoleh dari DPRD Depok, saat ini pembebasan lahan untuk tol cijago masih 63 persen saja. Ini masih membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan pembebasan secara keseluruhan. Saat ini baru 84 hektar lahan yang dibebaskan dari total 134,21 hektar lahan yang diperlukan untuk membangun tol tersebut. Untuk tol Desari masih membutuhkan total 88,75 hektar  dan yang masih dibebaskan hanya 28,81 hektar lahan. Untuk tol cimanggis nagrak masih dibebaskan 10,67 hektar lahan dari keseluruhan total lahan 14,99 hektar dan untuk tol cimanggis sampai cibitung membutuhkan lahan 98,65 hektar sampai saat ini belum dibebaskan sama sekali.

“Sebenarnya kementrian agrarian dan pertahanan sudah ada sejak pemerintahan Gus dur dulu. Tugas dari kementrian ini antara lain mengatasi masalah persoalan tanah, penataan tanah, dan juga masalah penyelesaian tanah. Oleh karena itu pihak kami menginginkan kementrian agrarian dan pertanahan untuk segera menyelesaikan masalah pembebasan lahan ini” ujar hamzah selaku wakil ketua komisi A DPRD Depok untuk bagian perizinan pada hari minggu (2/11/14)

Kementrian pertanahan dan agrarian diminta untuk segera menyelesaikan masalah pembebasan lahan. Ini yang selalu diinginkan oleh Pemprov kota Depok karena masalah pembangunan jalan tol di depok sangatlah mendesak. Hal ini bertujuan untuk menarik investor masuk ke kota depok. Masalah masyarakat yang selalu tarik ulur masalah tarif pembebasan lahan yang menjadi masalah utama di pembangunan tol ini.

[AndriIdaman/HD].

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)