Gejolak Tolak Presiden Blaise Comparoe Berujung Rusuh

Gejolak Tolak Presiden Blaise Comparoe Berujung Rusuh Bakar-Bakar

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Salah satu negara miskin di Afrika barat yaitu negara kecil Burkina Faso baru baru ini mengalami gejolak politik akibat dari penolakan masyarakatnya atas rezim presiden yang berkuasa di Burkina Faso yaitu presiden Blaise Comparoe yang merupakan presiden yang telah berkuasa selama 27 tahun. Yang menjadikan warga jengkel adalah parlemen yang terus menerus bersekongkol dengan rezim Blaise untuk terus memenangkannya menjadi presiden walaupun sudah puluhan tahun terpilih. Masyarakat merasa telah ditipu dan diabaikan suaranya oleh pemerintahan dan parlemen.

Oleh karena itu masyarakat pun dengan gegap gempita menyerbu gedung parlemen Burkina Faso yang terletak d kota oungdado yang merupakan ibukota dari Burkina Faso. Mereka menerobos masuk dan terus berusaha berbuat rusuh di parlemen. Mereka lalu berusaha membakar gedung parlemen saat itu juga. Hal ini dipicu oleh marah warga terhadap  rapat pemungutan suara yang dilakukan oleh parlemen Burkina Faso untuk mengamandemen konstitusi agar presiden Blaise comparoe bisa mengajukan diri sebagai presiden kembali pada tahun 2015.

Presiden Blaise comparoe sendiri adalah presiden yang telah 27 tahun memimpin di Burkina Faso setelah menggulingkan presiden sebelumnya bernama Thomas Sankara. Lalu melalui partai kongres demokrasi atau dikenal dengan nama CDP akhirnya mengadakan pemilu yang memenangkan parlemen ditangan CDP. Melalui partai itulah akhirnya presiden Blaise comparoe pun menggunakan jalan itu sebagai presiden. Sejak saat itu terjadi kerja sama antara pemerintahan dan parlemen untuk terus menerus memenangkan presiden comparoe.

Masyarakat pun meringsek masuk dan membakar ruang ruang penting di gedung parlemen bahkan ruang ketua parlemen pun ikut terbakar. Untung saja ruang utama parlemen tidak ikut terbakar. Telah membakar di gedung parlemen. Masyarakat bergerak ke pusat pertelivisian di nurkina Faso atau RTB. Mereka juga berbuat kerusakan dengan membakar motor-motor dan merusak berbagai perlengkapan di gedung televisi itu. Masyarakat di kota lain juga melakukan hal yang serupa dengan membakar gedung walikotanya.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok