Aplikasi Rooms, Ruang Privasi Pada Globalnya Facebook

Aplikasi Rooms, Ruang Privasi Pada Globalnya Facebook

HarianDepok.com – Tekno , Aplikasi pesan instan anonim bernama “ Rooms“ menjadi produk layanan terbaru yang dikeluarkan oleh Facebook. Sebagai produk layanan terbaru, aplikasi pesan instan ini baru tersedia untuk platform iOS. Rooms for iPhone merupakan hasil pengembangan dari divisi Creatif Labs Facebook yang diluncurkan pada Kamis (23/10/2014)dengan fitur yang memiliki kemiripan dengan platform IRC yang popular pada era awal internet. Rooms  dimanfaatkan untuk membuat ruang percakapan dari berbagai pengguna, dengan keunikan pengguna dapat menyembunyikan identitas pribadinya, yang memberi keleluasaan pada para penggunanya untuk berdiskusi isu-isu sensitive tanpa harus khawatir siapa sebenarnya yang mengeluarkan pernyataan tersebut.

Ruang percakapan bersifat privat bagi yang mendapat undangan dari salah seorang pengguna. Melalui QR code pengguna Rooms dapat mengirim pesan sebagai undangan untuk bergabung bagi pengguna facebook lainnya. Dalam aplikasinya, terdapat moderator yang memantau jalannya percakapan. Apabila keluar dari koridor dan tujuan grup, moderator dapat mengeluarkan anggota yang bersangkutan dari perbincangan maupun grup. Para pemakainya dapat menetukan tema pembicaraan sendiri sesuai yang mereka inginkan, misal tentang gaya hidup, makanan, emosi atau berbagai hal lainnya.

Seperti dilansir Kompas Tekno, Rooms yang sering diasosiasikan sebagai sebuah aplikasi yang bersifat personal dan rahasia, sebenarnya memiliki karakter yang lentur. Josh Miller, Manajer Produk Facebook yang mengepalai aplikasi ini berujar “ itulah asset Rooms terbaik, pengguna bisa berdiskusi berbagai hal secara inklusif atau eksklusif, tergantung keinginan partisipan“. Lebih lanjut Josh Miller mengatakan “ Kami ingin memberikan orang fleksibelitas karena inilah yang orang mau“.

Dengan diluncurkannya aplikasi ini, facebook percaya ini akan membantu portofolio produknya dan bisa menjadi ekosistem yang penting. Rooms dapat diunduh APP Store. Aplikasi baru ini diluncurkan untuk melawan Ello sebagai pesaing Facebook yang popularitasnya terus menanjak. Ello memberikan kebijakan kepada para pengguna yang ingin mendaftar dapat menggunakan nama apa saja yang tentunya memberikan privasi dan kenyamanan bagi penggunanya. Peluncuran aplikasi Rooms tentunya menjadi penanda terjadinya perubahan yang signifikan bagi Facebook sejak dibuat pada tahun 2004 silam.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok