Guy Scott : Naik Pangkat Dan Menjadi Presiden Kulit Putih Pertama Zambia

Guy Scott : Naik Pangkat Dan Menjadi Presiden Kulit Putih Pertama Zambia

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Republik Zambia, negara yang berada di Afrika bagian selatan ini sekarang mempunyai seorang Presiden berkulit putih pertama. Dia adalah Guy Scott (70) yang ‘naik pangkat’ pada Rabu (29/10/2014) dari Wakil Presiden menjadi Presiden setelah sehari sebelumnya Presiden Michael Sata menghembuskan nafas terakhirnya ketika dirawat di London, Inggris. Guy Scott adalah seorang pakar ekonomi lulusan Universitas Cambridge yang juga pernah menjabat sebagai Menteri pertanian di Negeri Zambia.

Guy Scott menjadi Presiden Afrika berkulit putih pertama setelah sebelumnya FW de Klerk lengser dari jabatannya sebagai Presiden Afrika Selatan pada 1994. Sesuai dengan konstitusi Zambia, Guy Scott akan bertugas menjadi pemimpin Negara selama 90 hari hingga pemilihan presiden baru akan digelar. Dia mengatakan bahwa promosi yang secara tiba-tiba ini sangat mengejutkan “Namun, saya sangat bangga mendapatkan kepercayaan ini,” ujar Scott kepada harian The Telegraph.

Di RS King Edward VII, London Presiden Michael Sata (77) meninggal dunia. Sebelumnya, ketika Presiden Sata sedang dirawat hingga meninggal dunia, Menteri Pertahanan Edga Lungu lah yang menjalankan tugas sebagai presiden di Negeri Zambia. Kemudian, menurut keterangan Scott, Menahan Lungu ditunjuk menjadi pejabat presiden karena mengacu pada peraturan konstitusi negara Republik Zambia. Selain itu di dalam konstistusi juga disebutkan bahwa yang mempunyai orangtua asli kelahiran Zambia lah yang bisa mencalonkan diri menjadi presiden. Dengan begitu, tentu Guy Scott tidak akan bisa bersaing dalam pilpres 90 hari mendatang. “Saya tidak akan maju sebagai calon presiden karena secara konstitusi di negeri ini saya tidak diperkenankan,” ungkap Scott.

Guy Scott merupakan salah satu politisi populer di Negeri Zambia. Selain itu dia juga pernah menjabat sebagai menteri pertanian dan oleh rakyatnya dianggap telah sukses membawa Negara Zambia keluar dari krisis pangan yang dipicu oleh kekeringan pada awal tahun 1990-an. Scott lahir di kota Livingstone, Zambia, tetapi ayahnya seorang yang kelahiran Glasgow, Skotlandia, yang pindah ke Zambia, dulu bernama Rodesia Utara, pada 1927, dan dia bekerja sebagai dokter di perusahaan kereta api Cecil Rhodes. Dan ibunya adalah seorang perempuan kelahiran Watford, Inggris yang juga pindah ke Zambia pada tahun 1940.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: