Pemkot Probolinggo Tingkatkan pelayanan publik dengan Kuker di Pemkot depok

Pemkot Probolinggo Tingkatkan pelayanan public dengan Kuker di Pemkot depokHarianDepok.com – Berita, Pemerintah kota Depok pada jumat 24 Oktober 2014 menerima kunjungan kerja (KUKER) dari pemerintah Kota Probolinggo Jawa Timur. Kunjungan kerja tersebut diterima oleh Pemerintah Kota Depok di Aula lantai lima balai kota. Tujuan kunjungan kerja Pemerintah Kota Probolinggo tak bukan guna mempelajari fungsi pelayanan publik yang dilakukan oleh camat dan lurah yang berada di lingkup pemerintah kota depok.

Dilansir dari media depok.go.id, Sekretaris daerah Kota probolinggo, Johny Haryanto, menuturkan bahwa dalam kunjungan kerja di Pemerintah Kota Depok ini bertujuan untuk mengetahui kewenangan-kewenangan yang diterima oleh camat dan lurah yang diperoleh dari Walikota. Latar belakang dari kunjungan kerja di Pemerintah Kota Depok ini didasarkan beberapa hal. Pertama, di pemerintah Kota probolinggo Jawa Timur masih mengalami kekurangan dalam hal-hal pelayanan publik Oleh Camat dan Lurah di setiap kelurahan dan kecamatan di kota Probolinggo. Selain itu, Pemerintah Kota Probolinggo membutuhkan referensi yang dapat dijadikan perbaikan dalam hal pelayanan Publik di wilayahnya.

Sementara itu sebagai pihak tuan rumah, staf Ahli Hukum dan Politik Kota Depok, Nunu Heriyana menyambut baik kunjungan kerja tersebut. Di pemerintah kota Depok, Camat dan lurah memang mendapat wewenang yang dilimpahkan langsung oleh Wali kota Depok. Tidak hanya itu, terdapat organisasi bentukan dari limpahan wewenang Wali kota tersebut yang bernama Organisasi Perangkat daerah (ODP). ODP merupakan organisasi yang dibentuk di masing-masing kecamatan di setiap satu kelurahan. ODP tentunya di bentuk berdasarkan Peraturan daerah yang juga berpedoman terhadap Peraturan pemerintah.

Nunu Haryanto juga menyatakan bahwa setiap Camat dan Lurah di pemerintah Kota Depok mempunyai wewenang yang diberikan oleh Wali Kota Depok. Setiap tahunnya banyak agenda-agenda yang harus dilakukan di masing-masing kecamatan di Kota Depok. Agenda disetiap kecamatan tersebut antara lain: diadakannya urusan pelaksanaan pembangunan, musrenbag (musyawarah perencanaan pembangunan), RTLH (pembangunan rumah layak huni), pendataan rumah yang berijin, pembentukan RW, layak anak, Fasilitas PKK, kesehatan, koperasi, dan usaha mikro kecil menengah (UKM).

[AndriIdaman / HD]

author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)