DPRD Depok: Sebaiknya BPJS Buka Kantor Perwakilan di Kecamatan

Sebaiknya BPJS Buka Kantor Perwakilan di KecamatanHarianDepok – Berita, Anggota dewan perwakilan daerah kota Depok menghimbau kepada BPJS untuk membuka kantor perwakilan hingga ke kecamatan. Hal ini dimaksudkan untuk mengurai antrian yang panjang jika pengurusan BPJS hanya terpusat disalah satu kantor. Menurut anggota komisi D DPRD kota Depok, Rezky M Noor, perlu sebenarnya untuk membangun kantor wilayah di kecamatan. Hal ini akan memudahkan masyarakat yang akan mengurus BPJS tersebut. Dia menambahkan, para warga masyarakat tidak perlu datang ke Margonda, dimana kantor BPJS saat ini berada, akan tetapi, mereka hanya perlu untuk mendatangi kantor perwakilan yang lebih dekat di wilayah kecamatan mereka.

Rezky juga menambahkan bahwa menurutnya, sampai saat ini BPJS masih kurang dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Terlebih, ada target yang harus dicapai, yakni mengikutkan masyarakat Depok ke BPJS tanpa terkecuali pada Januari 2015. Dia mengatakan bahwa sebaiknya BPJS lebih sering untuk melakukan sosialisasi, karena jika kinerja mereka masih sama seperti sekarang ini, target yang direncanakan tersebut bisa saja tidak tercapai. Hal ini cukup beralasan bahwa keadaan masyarakat yang berbeda-beda dalam permasalahan pendidikan dan ekonomi juga menjadi pekerjaan rumah tersendiri ketika melakukan sosialisasi.

Ketika ditanya masalah kinerja dari BPJS, Rezky mengatakan bahwa dirinya sudah menerima beberapa aduan masyarakat terkait pelayanan BPJS yang kurang maksimal. Hal ini beralasan karena kantor BPJS hanya berada di pusat dan itu menyulitkan masyarakat untuk melakukan pengurusan. Dia menambahkan bahwa membangun kantor perwakilan di tingkat kecamatan adalah salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan masyarakat. Dengan dibangunnya kantor pelayanan hingga ketingkat kecamatan, masyarakat akan lebih semangat untuk ikut dalam BPJS.

Permasalahan lain yang juga menjadi alasan perlunya pembangunan kantor perwakilan hingga di tingkat kecamatan adalah masalah antrian. Ketika pelayanan hanya terpusat di satu kantor, maka antrian akan menjadi sangat banyak dan juga itu akan mempengaruhi pelayanan masyarakat. Ketika disinggung masalah ini, salah satu manajemen BPJS Depok, Betty, mengatakan bahwa pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan dan sosialisasi BPJS kepada masyarakat.

[AndriIdaman / HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)