Gagal Bersaing, Microsoft Akan Hilangkan Brand Nokia

Kejatuhan Dari Nokia
HarianDepok.com – Tekno,
Nokia, nama yang pernah dikenal oleh seluruh dunia karena produknya yang memukau dalam kurun waktu lebih dari sepuluh tahun telah menguap namanya di dunia perdagangan ponsel. Setelah kebangkrutan dan akhirnya dibeli asetnya oleh Microsoft, Nokia mulai dikembangkan menjadi handphone yang lebih canggih namun tetap tidak dapat mendongkrak popularitas nokia yang sudah menjadi redup. Oleh karena itu, Microsoft pun disinyalir akan menghilangkan nama nokia sendiri dari ponsel pintar yang akan mereka produksi. Produk dari asha phone maupun smartphone android nokia X menjadi kegagalan yang membuat rencana dihilangkannya nokia dari dunia ponsel.

Brand yang pernah menjadi raja dari perponselan ini pernah menjadi penguasa pasar ponsel dunia. Namun pada isu terakhir, nasibnya menjadi sangat buruk dan menyulut pada penghapusannya. Produk-produk dari nokia kini lebih condong menjadi produk ponsel yang murahan dan kurang berkelas. Menurut pernyataan dari wakil presiden senior marketing milik Microsoft, perusahaannya akan terus mempertahankan penjualan merek nokia namun dalam taraf entry-level saja, contohnya nokia  130. Nokia 130 merupakan produk nokia yang tergolong bersahabat dengan kantong karena harganya yang hanya berkisar 300.000. Hal ini membuat pemasaran handphone nokia ini di utamakan ke negara-negara yang masih berkembang yang kurang begitu mementingkan fitur-fitur tambahan pada telepon.

Hape nokia bertipe murah ini pun jarang yang dilengkapi dengan kemampuan untuk berkomunikasi saja tanpa adanya koneksi internet. Meskipun dahulu nama nokia pernah menjadi raja, namun pada masa ini, brand ini tidak akan mampu merebut kembali masa keemasan tersebut, oleh karena itu, seri andalan dari nokia yaitu lumia kini mulai berubah menjadi Microsoft lumia guna memberikan cita rasa yang baru kepada handphone tersebut sehingga peminat mulai menganggap adanya terobosan baru di dunia smartphone milik Microsoft.

Perubahan nama juga memberikan kekawatiran bagi para konsumen karena perubahan nama akankah berpengaruh pada garansi handphone nokia yang baru saja mereka beli. Untuk hal ini, Microsoft telah memberikan kemudahan dengan masih memberlakukannya pelayanan service dan garansi berkelas dunia bagi smartphone lumia dengan seri 830 dan 735/735 yang terbaru di jajaran handphone Microsoft.

[MuhammadKhotib / HD]

Tags: