Kang Emil : Gedung Yang Sehat Wajib Punya Taman Di Atapnya.

Kang Emil : Gedung Yang Sehat Wajib Punya Taman Di Atapnya.

HarianDepok.com – Properti , Ridwan Kamil atau biasa disebut dengan panggilan Kang Emil adalah seorang lulusan Sarjana ITB (Institut Teknologi Bandung) dibidang Teknik Arsitek. Tentu dia sangat tahu banyak tentang seluk beluk arsitek. Profesinya selama bertahun-tahun menjadi seoarang arsitektur kini membuatnya dengan mudah untuk membuat konsep pembangunan yang modern di Kota tercintanya, Bandung. Sebagai seorang Walikota, Kang Emil tentu saja memiliki wewenang untuk membuat peraturan dan juga dengan mudah untuk menerapkan sebuah konsep untuk Kota Bandung.

Di Kota Bandung aspek ramah lingkungan akan mulai menjadi sebuah trend untuk mendirikan sebuah bangunan. Menurut Kang Emil, saat ini setiap bangunan sangat perlu untuk menerapkan sebuah konsep baru, yaitu ramah lingkungan dengan cara membuat atau membangun taman di atas gedung. Karena zaman sekarang kebanyakan para pebisnis properti hanya memfokuskan lokasi bangunan yang strategis tanpa mempertimbangkan hal lain.  “Di Bandung itu sekarang saya wajibkan. Semua bangunan yang bertingkat, di atapnya pokoknya harus ada taman. Kalau kita lihat dari atas view-nya kan luar biasa, ya. Daripada jadi ruang mekanik atau elektrikal, lebih baik dimanfaatkan untuk taman,” ujar Kang Emil.

Kang Emil juga menjelaskan bahwa, suasana kota saat ini yang semakin panas adalah karena pembangunan bangunan terus bertambah, tapi tidak diimbangi dengan pembanungan tumbuh-tumbuhan, bahkan justru malah berkurang. Oleh karena itu, dia mencari solusi dengan menerapkan taman di atap gedung untuk mengantisipasi pengadaan ruang terbuka hijau. Selain itu, sebuah taman juga akan berfungsi untuk memberikan tubuh kita asupan udara yang sehat untuk melepaskan penat ketika capek melakukan rutinitas di kantor.

Kemudian, Kang Emil juga memberikan penjelasan rinci tentang konsep ramah lingkungan yang sudah mulai diterapkan itu. Menurutnya, kriteria ramah lingkungan pada sebuah gedung terlihat dari bahan material yang dipakainya. Juga pemilihan perlengkapan gedung sangat penting, pemakaian jenis lampu LED dengan pemakaian watt rendah tapi berdaya pancar adalah salah satu contohnya. “Selain itu, beberapa toilet juga dilengkapi beberapa pilihan sensor untuk mengurangi pemakaian air,” ujar Kang Emil.

[IrmaWulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer