Protes Tak Dapat Pinjaman, UMKM Depok Sebut Nur Mahmudi Ingkar Janji

Protes Tak Dapat Pinjaman, UMKM Depok Sebut Nur Mahmudi Ingkar Janji

HarianDepok.com – Berita , Protes dilayangkan oleh asosiasi usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM yang mengklaim bahwa mereka sama sekali tidak pernah mendapatkan bentuan seperti dana pinjaman dari pemerintah kota depok. Mereka mengeluhkan hal ini karena dana pinjaman tersebut sangat diperlukan sebagai modal untuk mengembangkan usaha mereka. Karena hal seperti itu, akhirnya sekitar 500 UMKM yang ada di daerah depok mencari bantuan modal ke beberapa lembaga keuangan lain seperti bank umum atau pengkreditan rakyat. Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh ketua asosiasi UMK depok, Iwan Agustian.

Menurut Iwan, UMKM tetap dipastikan tidak akan pernah mendapatkan bantuan modal hingga 2016 nanti atau selama Nur Mahmudi sebagai walikota depok belum lengser. Namun, Iwan mengaku tidak terlalu mempermasalahkan hal tersebut. Dia menganggap bahwa masih ada jalan lain yang dapat ditempuh untuk mendapatkan modal usaha seperti meminjam di bank umum atau bank pengkreditan rakyat seperti yang disampaikan sebelumnya. Meskipun resiko dari peminjaman tersebut lebih besar, dia menambahkan lebih memilih bank tersebut karena factor usaha yang membutuhkan tambahan modal.

Dia menambahkan bahwa bantuan dari pemerintah kota Depok selama ini hanya menyangkut masalah penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat. Dia tidak mempermasalahkan sikap pemerintah seperti demikian, asalkan pemerintah kota tidak mempersulit urusan birokrasi dan perizinan. Hal tersebut disampaikan karena masih ada 1000 UMKM yang belum tercatat sedangkan dia dan kawan-kawan hanyalah sekitar 500 pelaku usaha kecil.

Iwan juga menambahkan bahwa pembiaran walikota terhadap nasib para pemilik UMKM yang kekurangan modal tersebut bertentangan dan tidak sesuai dengan janji walikota ketika kampanye dulu. Dalam kampanyenya, ketika hendak pemilihan walikota, Nur Mahmudi dan wakilnya mengkampanyekan delapan program unggulan yang akan dilaksanakan jika mereka terpilih untuk memimpin Depok hingga 2016 mendatang. Salah satu program unggulan tersebut adalah memberikan kredit tanpa bunga kepada sekitar 5000 penggiat UMKM di daerah depok sebesar masing-masing 5 juta. Hal tersebut dulu disambut baik oleh masyarakat, yang dapat digunakan untuk meningkatkan taraf hidup mereka. Akan tetapi, semuanya ternyata sirna.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)