Kecanggihan Mobil Ford Masa Depan Guna Mengetahui Serangan Jantung

Kecanggihan Mobil Ford Masa Depan Guna Mengetahui Serangan Jantung

HarianDepok.com – Otomotif – Mobil , Perkembangan teknologi dalam dunia otomotif mulai divariasikan dengan teknologi kesehatan. Pabrik otomotif Ford kini akan dilengkapi dengan alat yang dapat mendeteksi serangan jantung. Konsep dari alat ini adalah pendesainan jok yang mampu mengetahui apakah pengemudi memiliki resiko penyakit jantung atau tidak. Jadi ketika seseorang terkena serangan jantung dalam mobil, maka jok akan mengirim sinyal kepada peralatan anti serangan jantung untuk menghentikan laju mobil yang dikendarai, sehingga kendaraan tidak akan melaju dan membahayakan kendaraan lain, apalagi jika serangan terjadi di wilayah yang ramai akan pengendara layaknya kota.

Ford adalah perusahaan mobil yang pertama kali melangkah ke area pengkombinasian pendeteksi serangan jantung dan jok mobil ini. Ford memberikan pernyataan bahwa pada jok mobil, dipasang sebuah elektroda yang sensitive guna melakukan monitoring terhadap keadaan pengendara melalui detak jantung serta pengamatan dengan kamera yang akan mendeteksi gerakan yang tidak wajar pada kepala serta adanya sensor pada setir untuk mendeteksi keabnormalan pergerakan tangan pengendara.

Cara kerja dari sistem ini adalah dengan bantuan sistem computer. Pertama, ketika terjadi sebuah serangan jantung, sensor-sensor akan mendeteksi dan segera mengalihkan proses pengendaraan ke sistem pengendara computer yang akan memberikan pola perlambatan yang aman bagi pengemudi. Setelah itu, computer akan dengan otomatis mengirimkan pesan ke rumah sakit terdekat untuk memberitahukan kabar anda sehingga akan ada pertolongan cepat yang datang kepada anda. Medical officer yang berasal dari ford pun mengatakan bahwa dengan adanya teknologi ini, pengemudi juga akan mendapatkan keamanan dalam mengemudi serta pengurangan resiko kecelakaan karena sistem yang begitu rapi dalam menangani kejadian  karena 23 persen kecelakaan yang ada di wilayah eropa dikarenakan adanya serangan jantung mendadak pada saat berkendara.

Menurut direktur pengolahan di pusat penelitian ford di Aachen, jerman, pengembangan teknologi kombinasi ini telah dilakukan oleh mereka sejak tahun 2011 yang lalu. Namun rumitnya pengaturan dan pengkodean dalam pembuatan teknologi ini akan memakan waktu yang banyak. Perkiraan telah dibuat oleh perusahaan ini sendiri dimana diperkirakan teknologi ini akan mencapai kesempurnaan pada tahun 2020 mendatang. Hal ini akan banyak membantu pengurangan jumlah kecelakaan akibat kendaraan.

[IrmaWulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer