Siap-siap Sambut Kedatangan Wagyu Ke Indonesia

Siap-siap Sambut Kedatangan Wagyu Ke Indonesia

HarianDepok.com – Bisnis , Indonesia dan jepang kini telah sampai pada babak baru dimana perdagangan daging akan menghadirkan banyak kemudahan. Pada bulan yang akan datang, daging asal jepang yang bernama wagyu akan menjadi daging yang mudah untuk ditemukan di berbagai supermarket di Indonesia. Kemudahan dari banyaknya wagyu yang akan masuk ke Indonesia ini juga menunjukkan bahwa produk olahan ayam asal Indonesia kini mulai bisa masuk ke pasar perdagangan negara jepang. Daging wagyu sendiri memiliki beberapa kelas yang akan memiliki hal-hal yang berbeda di setiap kelasnya.

Impor dari wagyu ini sendiri belum bisa ditentukan jumlahnya, pasalnya dirjen  peternakan dan kesehatan hewan kementrian pertanian yang bernama syukur iwantoro belum memberikan bocoran informasi tentang jumlah wagyu, terutama wagyu premium yang diimpor. Kemudian, menteri tersebut memberikan informasi bahwa semua kewenangan yang mengenai jumlah dan volume impor yang akan dilakukan akan bergantung pada keputusan yang dibuat oleh kementrian perdagangan. Di sisi lain, menteri pertanian mengungkapkan bahwa adanya impor daging dari jepang akan mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor daging yang berasal dari Australia.

Di dalam sebuah kertas, persetujuan guna melakukan adanya impor wagyu sudah disetujui oleh pemerintah, namun untuk persetujuan bagian mengekspor ayam ke jepang, kepastiannya masih menggantung. Selain itu, eksportir dari negara kita juga berkata bahwa mereka belum siap guna mengekspor ayam karena menurut direktur PT sierad produce, mereka belum mengerti dunia kotor uang. belum mengerti kan produk tersebut akan dikirim bersamaan dengan nugget, sosis, bakso dan makanan lainnya. Selain itu, penghambat lainnya adalah ketatnya jepang dalam mengurusi tentang kualitas produk yang akan dikirim untuk lebih bagus.

Dalam hal ini, empat perusahaan besar yang bergerak di bidang poultry mulai menggerakkan diri untuk mengurusi kasus ekspor daging ayam ini agar mendapat izin yang layak untuk digunakan. Karena hal itu, proses untuk ekspor disinyalir akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Kementrian dagang membuat target hingga 200 juta dollar untuk ekspor daging ayam olahan maupun yang masih mentah. Dalam prosesnya, empat perusahaan besar ini yakin bahwa perdagangan ayam akan go international.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)