Di Depok, Konsumsi ARV Dikalangan ODHA Masih Rendah

Di Depok, Konsumsi ARV Dikalangan ODHA Masih Rendah

HarianDepok.com – Berita , Konsumsi anri-retroviral virus atau ARV untuk orang dengan HIV/AIDS atau ODHA diwilayah Depok masih rendah. Hal ini disebabkan oleh kurang strategisnya wilayah dan akses lokasi untuk dituju. Hal tersebut disampaikan oleh Samsu Budiman, selaku pendiri Lembaga swadaya masyarakat Kuldesak. Beliau mengatakan bahwa dari 387 jumlah ODHA di derahnya, hanya sekitar 35 orang saja yang mau bersedia untuk mengkonsumsi ARV. Selisih perbandingan yang terlampau jauh tersebut setidaknya menjadi kekhawatiran tersendiri oleh Samsu karena konsumsi ARV adalah penting untuk menjaga kestabilan kondisi dari para ODHA.

Beliau juga menambahkan bahwa akses wilayah yang susah menjadi salah satu sebab utama minimnya konsumsi ARV dikalangan ODHA didaerah Depok. Beliau mengatakan bahwa pemberian ARV sebelumnya hanya di RS Jakarta, akan tetapi beberapa waktu yang lalu mulai pindah di RSUD Depok. Mungkin, akses yang susah dan jarak yang jauh membuat masyarakat enggan untuk mendatangi RSUD Depok guna memperoleh ARV. Oleh sebab itu, beliau berharap adanya perbaikan fasilitas dan kemudahan akses untuk menuju ke RSUD Depok dari pemerintah. Hal tersebut akan membuat respon ODHA diwilayah Depok untuk mendapatkan ARV menjadi positif.

Sementara itu, beliau juga menambahkan bahwa ada factor lain yang membuat ODHA di daerah Depok seperti malas untuk mengkonsumsi ARV. Dia menambahkan bahwa beberapa warga merasa malas untuk mengkonsumsi ARV disebabkan oleh efek samping dari ARV setelah dikonsumsi. Beliau mengatakan bahwa ARV memiliki efek samping yang akan membuat ruam kulit dan mual setelah dikonsumsi. Akan tetapi, para ODHA seharusnya tetap mengkonsumsi ARV karena obat tersebut penting untuk menjaga kestabilan daya tahan tubuh pada penderita.

Seperti yang sudah diketahui bahwa HIV/AIDS adalah penyakit yang menyerang system kekebalan tubuh. Oleh karena itu, konsumsi ARV sebagai salah satu obat untuk para penderita menjadi penting untuk menjaga kondisi kesehatan dan kestabilan daya tahan tubuh mereka. Diakhir Samsul berharap bahwa masyarakat Depok akan mengerti pentingnya konsumsi ARV untuk para ODHA sehingga kematian yang disebabkan oleh penyakit tersebut dapat ditekan. Selanjutnya, dia juga berharap adanya pos-pos pelayanan yang memudahkan para ODHA mendapatkan ARV.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok