Pengerukan Guna Pengembangan Tanggul Laut Sudah Siap

Pengerukan Guna Pengembangan Tanggul Laut Sudah Siap

HarianDepok.com  – Properti , Proyek pengembangan tanggul laut atau yang sering disebut Giant Sea Wall kini sudah sampai pada tahap awal. Pembangunan yang dilakukan di pantai Jakarta ini dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Tahap awal dari pembuatan ini, menurut PT Intiland Development Tbk yang diberi mandhat untuk membangun Giant Sea Wall ini mengatakan bahwa pengerukan laut sudah siap untuk dimulai. Proyek ini termasuk dalam proyek untuk mereklamasi pulau. Hendro S Gondokusumo, Presiden direktur sekaligus CEO dari Intiland, mengungkapkan bahwa proyek pembangunan ini sudah mulai mendapat izin yang sah.

Menurut presiden direktur tersebut dalam pemaparannya di jumpa pers yang bertempat di gedung Intiland, proyek ini sudah memiliki beberapa izin yang legal dan termasuk izin analisis dampak lingkungan yang masih dalam pemrosesan. Selain itu, sekrertaris perusahaan tersebut juga mengungkapkan bahwa ketertarikan PT intiland dalam proses reklamasi ini adalah karena pengalaman Intiland yang sudah sukses mereklamasi Pulau mutiara uang dianggap sebagai satu-satunya proyek reklamasi yang dilakukan di pantai utara Jakarta.

Program ini dilakukan dengan keterlibatan berbagai pengembang di bidang reklamasi, antara lain yaitu PT pelindo, PT intiland, PT Pembangunan Jaya ancol, PT manggala krida yuda, PT Jakarta Propertindo, PT kapuk Naga Indah, PT Muara Aisesa Samudra, dan PT Saladri Ekapaksi. Semua pengembang ini disinyalir akan menjadi pengembang 17 program reklamasi yang sudah direncanakan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta. Pulau-pulau yang akan dibangun ini akan memiliki jarak sekitar 300 meter dari provinsi Jakarta sedang pengerukannya sendiri akan diambil dari wilayah laut yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Pada awal bulan September sendiri, Pemerintah Indonesia mulai membuat sebuah program nasional yaitu program national capital integrated coastal development. Pembangunan terpadu pesisir ibukota negara ini ditandai dengan adanya pemanjangan tiding dari baja diki kawasan Muara Baru Jakarta utara. Chairul tanjung, sebagai mentri perekonomian, menyatakan bahwa dari pembangunan 32 kilometer tanggul tersebut, pemerintah pusat dan jakarta akan menyumbang 8 kilometer pengerjaan yang akan dibagi dengan perbandingan 50%-50% untuk acara pembangunan tersebut.

[NandaRiskiawan/HD]

Tags:
author

Author: 

Internet Marketers & Penulis Konten