Cyber Crime Makin Berbahaya

Cyber Crime Makin Berbahaya

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Perkembangan internet di yang sangat signifikan di Indonesia menjadi lahan tersendiri untuk kawanan penjahat dunia maya. Kejahatan dunia maya atau disebut juga dengan cyber crime semakin marak terjadi dan menimbulkan banyak korban berjatuhan. Dalam hal ini, Polda Metro Jaya mengatakan bahwa pihaknya menerima puluhan laporan kasus kejahatan yang terjadi didunia maya setiap bulannya. Nampaknya, perkembangan internet yang semakin maju juga dibarengi dengan semakin banyaknya kasus kejahatan via internet. Hal ini menjadi keprihatinan tersendiri bagi petugas polda metro jaya.

Dalam menangani kasus ini, polisi mengaku beberapa kali mengungkap berbagai kasus penipuan yang menggunakan internet sebagai sarana transaksi. Para polisi tersebut mengungkap kejahatan yang terjadi di dunia maya tersebut dengan sebelumnya mengetahui percakapan e-mail korban. Beberapa waktu terakhir ini, polisi mengaku sudah mengungkap banyak kasus penipuan yang jika ditotal, maka kerugian yang diderita mencapai miliaran rupiah. Hal semacam ini sebenarnya ironis, karena internet yang sejatinya merupakan alat bantu untuk mendapatkan informasi dan berbisnis disalah fungsikan oleh sebagian oknum masyarakat.

Ajudan Komisaris Besar Hilarius Doha, selaku Kepala subdit cyber crime polda metro jaya mengatakan bahwa kejahatan melalui internet memiliki perkembangan yang lumayan pesat. Hal ini patut diwaspadai oleh masyarakat agar tidak terjadi lagi kasus serupa yang hanya akan merugikan korban. Dalam laporannya beliau mengatakan bahwa pada tahun 2013 saja, polda metro jaya menerima 601 kasus kejahatan melalui internet. Jika dirata-rata, pada tahun 2013, polda metro jaya menerima sekitar 50 laporan setiap bulan. Sementara saat ini, imbuhnya, polda metro jaya menerima sekitar 70 kasus perbulan.

Kasus terakhir yang diungkap oleh polisi adalah kasus penipuan terhadap PT AP dan BE oleh warga Nigeria yang dibantu oleh warga Indonesia. Polisi mengungkap kejahatan ini dengan melacak percakapan email keduanya. Warga Nigeria tersebut memalsukan email kedua perusahaan tersebut dan meminta kedua perusahaan mengirimkan uang senilai miliaran rupiah ke dalam rekening pribadi pelaku. Pemilik yang tidak curiga pun hanya menurut dan mengirim begitu saja.

[AndriIdaman/HD]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)