Defisit Neraca Berjalan Membaik , Kita patut bersyukur

Defisit Neraca Berjalan Membaik

HarianDepok.com – Bisnis , Pada tahun 2014 ini dilansir dari pernyataan dari gubernur bank Indonesia bapak Agus matrowardoyo menyebutkan bahwa defisit neraca berjalan atau sering disebut sebagai current account deficit atau CAD adalah sebuah akun neraca berjalan yang mendemokan kondisi ekonomi fundamental negeri ini. Beliau berkata bahwa masalah ini ada berapa indikasi perbaikan pada neraca tersebut. Hal ini disebabkan oleh selesainya negosiasi ulang mineral dan ekspor nun migas yang meningkat di tahun 2014 ini. Hal tersebut membuat CAD menurun dan ini tentu membuat fundamental ekonomi Indonesia secara umum lebih baik.

Nah, yuk menyikapi hal tersebut kita patut bersyukur dan diharapkan kondisi ini akan terus bertahan hingga tahun 2015. Hal ini patut dievaluasi diawasi mengingat pada November 2014 akan dilakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak atau BBM yang akan berdampak langsung dengan naiknya tingkat inflasi yang diikuti dengan naiknya harga harga barang komoditas. Hal ini diperburuk dengan adanya peningkatan impor di sektor nun migas yang akan memicu  keterpurukan ekonomi.

Bank Indonesia bersama pemerintah akan terus mengawasi secara ketat kondisi moneter Indonesia agar senantiasa terjaga dengan baik fundamental ekonomi Indonesia. Tercatat bahwa curent acount deficit yang sebelumnya berada pada angka 3,3 kini turun menjadi 3,1. Gubernur bank Indonesia berharap kondisi penurunan ini sebagai awal yang baik dari perbaikan kondisi ekonomi fundamental bangsa ini. Penurunan ini menunjukkan bahwa kondisi ekonomi bangsa ini membaik dalam satu tahun terakhir.

Walaupun secara pasti angkanya belum diketahui, namun forecast dari CAD kita memang menunjukkan tren yang positif terhadap kenaikan tingkat ekonomi. Defisit neraca berjalan membaik sebagai bukti bahwa tingkat ekspor di sektor non migas. Namun gubernur bank Indonesia masih memaklumi adanya impor berapa keperluan barang untuk kepentingan produksi dan sebagainya di Indonesia. Semoga saja kedepannya Indonesia menjadi negara dengan kekuatan ekonomi yang lebih baik lagi dan tak kalah dengan negara negara lain di dunia.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: