Militer Beijing Dikerahkan Hanya Karena Drone yang Mendekat

Militer Beijing Dikerahkan Hanya Karena Drone yang Mendekat

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Hanya karena adanya sebuah benda yang tidak dikenal melayang di sekitar bandara di kota Beijing, serentak pasukan militer cina yang berjumlah sekitar seribu dua ratus orang dikerahkan. Menurut laporan dari China Daily, benda misterious itu diperkirakan adalah sebuah drone yang sedang melakukan sebuah pemetaan. Akibat dari peristiwa drone ini, telah ditahan 3 nama yang terkait pada insiden ini. Selain itu, menurut harian China Daily, setelah melihat adanya drone pada radar mereka, 2 helikopter, 2 jet tempur, 26 radar, 123 kendaraan serta bala tentara yang berjumlah 1226 orang dikerahkan guna mengantisipasi drone ini.

Setelah drone berhasil ditangkap, polisi kemudian melakukan penahanan kepada dua orang yang mengemudikan drone tersebut kemudian tidak beberapa lama, ada satu orang tambahan yang menyerahkan diri. Dari keterangan ketiga orang tersebut, mereka berkata bahwa mereka menerbangkan drone sepanjang 2,3 meter tersebut memang untuk melakukan sebuah pemetaan dan survei yang dibutuhkan oleh perusahaan dimana mereka bekerja. Hal semacam ini akan wajar terjadi di cina karena pemerintah telah mencanangkan undang undang yang melarang jenis pesawat apapun, baik yang tidak berawak maupun  yang berawak terbang di atas langit china tanpa adanya persetujuan dari angkatan udara atau otoritas dari penerbangan sipil, ataupun biro yang mengendalikan lalu lalang pesawat di udara China tersebut.

Pelarangan ini dimaksudkan guna meningkatkan tingkat keamanan negara china sehingga penyusup ataupun intel yang masuk ke negara cina dapat dengan mudah dikenali serta ditangani. Pada bulan juli yang sudah berlalu kemarin, hal yang serupa juga terjadi  dan melibatkan seorang warga asal selandia baru. Warga selandia tersebut tengah melakukan penerbangan drone yang sudah dilengkapi dengan kamera untuk merekam semua kejadian yang terjadi di bawah drone tersebut.

Usut punya usut, drone tersebut telah terbang di atas kompleks yang disebut kota terlarang dengan diam-diam tanpa adanya izin penerbangan dari pihak yang berwenang untuk memberikan perizinan tersebut. Kompleks terlarang itu adalah bekas tempat tinggal kekaisaran china yang pada hari-hari sekarang ini telah menjadi sebuah objek wisata yang sangat terkenal. Objek wisata ini bertempat di dekat tempat yang sangat tertutup yang diduga sebagai perumahan para pejabat.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)