Pengoptimalan 20 Situ Di Depok Untuk Menanggulangi Banjir Ibu Kota

Pengoptimalan 20 Situ Di Depok Untuk Menanggulangi Banjir Ibu Kota

HarianDepok.com – Berita , Kalau musim hujan sudah tiba pasti banyak banjir dimana-mana. Terutama di daerah Ibu kota Jakarta. Hal ini sudah menjadi langganan tetap setiap tahunnya. Banyak orang yang beranggapan bahwa penyebab dari banjir di Jakarta adalah kali ciliwung. Yang merupakan kali terbesar di daerah Jabodetabek. Dengan masalah ini, menjadikan sungai ciliwung menjadi salah satu masalah yang besar yang diselesaikan oleh pemerintah kota depok. Ada banyak hal yang harus dilakukan untuk menangani masalah banjir ini.

Di sekitar sungai ciliwung setidaknya juga terdapat 20 situ yang akan digunakan untuk menahan terjangan air yang besar, terutama pada saat musim hujan. Nur Mahmudi ismail selaku walikota depok menyampaikan bahwa bapak wakil walikota depok M idris Abdusammad sudah melihat langsung lokasi sepanjang sungai ciliwung dan juga situ-situ disekitar kota depok. Situ-situ tersebut akan lebih dioptimalkan pemanfaatanya lagi oleh Pemerintahan kota Depok. Beliau berharap semua kepala daerah juga ikut serta dalam mengatasi banjir ini.

Sebenarnya masalah penanggulangan banjir dan juga cara mengatasinya sudah menjadi tugas masing-masing bidang di setiap pemerintahan kota, ujar Nur pada saat sela-sela silaturahmi. Setiap daerah melakukan koordinasi dan melakukan tugas secara bersama-sama untuk mengatasi masalah banjir yang tak kunjung hilang. Di daerah depok ada 20 situ yang bisa di optimalkan sedangkan di daerah bogor terdapat 90 situ yang bisa dimanfaatkan dengan lebih baik. Dengan memanfaatkan situ-situ tersebut bisa sedikit mengurangi dampak banjir di ibu kota.

Untuk mencegah banjir dapat dilakukan dengan cara pemanfaatan lahan terbuka hijau sebagai tempat peresapan air. Bapak walikota bogor mengatakan ia akan membuat ruang terbuka hijau di depok, minimal 30 persen dari lahan yang terdapat di bogor. Selain dapat digunakan sebagai peresapan air, ruang terbuka hijau juga dapat digunakan sebagai sarana rekreasi keluarga. Untuk banjir di depok sebenarnya tidak disebabkan oleh meluapnya air ciliwung, tetapi disebabkan oleh limpasan air dari DAS ciliwung.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)