Depok Menjadi Kota Termacet No 5 Di Seluruh Indonesia

Depok Menjadi Kota Termacet No 5 Di Seluruh Indonesia

HarianDepok.com – Berita – Beji , Mendengar kata macet memang sudah tidak asing lagi ditelinga anda. Macet sudah menjadi salah satu hal yang wajar, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, bogor, bandung, depok dan lain sebagainya. Disetiap tempat pasti akan ada macet, terutama di jam-jam sibuk dan orang-orang berangkat kerja. Untuk menempuh jarak yang dekat pun butuh waktu berjam-jam. Berapa waktu yang lalu direktorat Bina Sistem Transportasi Perkotaan ( BTSP) perhubungan darat dari kementerian perhubungan melakukan survey kota yang paling macet di Indonesia.

Depok menjadi kota no 5 yang paling macet di Indonesia. Bahkan yang menduduki nomor 1 bukan Jakarta yang sudah sangat terkenal dengan kemacetannya. Yang menduduki peringkat pertama adalah kota bogor. Menurut Direktorat Bina system Transportasi perkotaan, bogor menjadi kota termacet di Indonesia dengan kecepatan kendaraan rata-rata sekitar 15,33 km/jam. Ini malah berbeda dengan pendapat semua orang, yang beranggapan ibu kota Jakarta menjadi kota yang paling macet di Indonesia. Padahal hampir di seluruh tempat di Jakarta sering terkena macet, terutama di daerah industry.

Ibu kota Jakarta menduduki peringkat kedua dengan kecepatan rata-rata kendaraannya berkisar 10 sampai 20 km/jam. Posisi ketiga diduduki oleh kota kembang bandung dengan rata-rata kecepatan kendaraannya sekitar 14,3 km/jam. Selanjutnya posisi keempat diduduki oleh kota Surabaya dan posisi kelima diduduki oleh kota depok dengan kecepatan rata-rata kendaraannya sekitar 21,4 km/jam. Posisi keenam diperoleh kota bekasi dengan kecepatan berkendara sekitar 21,86 km/jam. Posisi ketujuh diperingkati oleh kota tangerang, kedelapan kota medan, kesembilan kota makasar, kesepuluh kota semarang dan yang terakhir kota Palembang.

Memang semua kota-kota yang masuk dalam data tersebut merupakan kota-kota terbesar di Indonesia. Sebagian besar kota-kota tersebut memang merupakan pusat industry di Indonesia. Banyak sekali pabrik-pabrik yang didirikan di kota-kota tersebut. Ini salah satu hal yang membuat kemacetan semakin parah. Karena semau orang terpusat pada satu kota saja. Selain itu semakin mudahnya cara untuk membeli sepeda motor, membuat semua orang dapat memilikinya dengan mudah. Disetiap anggota keluarga saja pasti mempunyai satu sepeda motor. Inilah yang semakin memperparah kemacetan di Indonesia.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)