Pemerintah Kota Depok Anggarkan Dan Asuransi Untuk Pesapon Depok

Pemerintah Kota Depok Anggarkan Dan Asuransi Untuk Pesapon DepokHarianDepok.com – Berita, Para pesapon (penyapu jalanan) Kota Depok sebenarnya memiliki kedudukan yang sangat penting bagi kota Depok itu sendiri. Akan tetapi keberadaan pesapon ini terkadang dianggap remeh oleh beberapa kalangan masyarakat. Bahkan terkadang profesi yang mereka jalani dianggap tidak penting. Para pesapon ini sebenarnya merupakan ujung tombak dari Dinas kebersihan dan pertamanan (DKP) dalam menjaga kebersihan kota Depok. Oleh karena itu keberadaan mereka tidak bisa diremehkan dan diacuhkan begitu saja, begitu juga kesejahteraan yang harusnya mereka peroleh.

Pemerintah Kota Depok akan menganggarkan sejumlah dana asuransi kesehatan (BPJS) untuk para pesapon atau para petugas penyapu jalan di Kota Depok. Hal ini merupakan salah satu wujud kepedulian dari pemerintah kota depok untuk lebih menghargai jasa-jasa mereka dan untuk lebih meningkatkan kesejahteraan mereka. Sebagai mana yang telah diketahui bersama jika keberadaan pesapon ini tidak bisa dilepaskan dari upaya pemerintah dalam menciptakan kebersihan kota Depok sendiri. Untuk pendaftarannya akan dimulai pada bulan Oktober ini.

Menurut Zamrowi, kepala DKUP Kota Depok, bahwa yang didaftarkan ke BPJS bukan hanya para pesapon jalanan, tapi juga pihak-pihat yang terkait dengan penciptaan kebersihan kota Depok yakni supir dan kenek mobil kebersihan, penggali makam, pemelihara taman, dan juga pegawai non PNS lainnya. Untuk jumlah pegawai yang di daftarkan oleh pihak pemerintah kota adalah hampir mencapai 1400 orang pegawai. Selain memberikan asuransi kesehatan dengan mendaftarkan mereka ke BPJS, wujud dari kepedulian pemerintah terhadap keberadaan mereka adalah dengan memberikan Gaji yang lumayan untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka.

Meskipun keberadaan mereka sering dianggap remeh dan tidak penting oleh sebagian orang, namun sebenarnya merekalah yang paling peduli terhadap kebersihan kota Depok. Melalui jasa mereka jugalah sehingga tercipta wajah kota depok yang asri dan bersih. Para pesapon ini merupakan orang-orang terdepan yang dinaungi oleh Dinas kebersihan dan pertamanan (DKP) yang secara responsif melakukan pembersihan di jalan serta tempat-tempat umum lainnya.

[AndriIdaman / HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)