Wali Kota Depok Menggelontorkan Dana Operasional Untuk 632 Posbindu Depok

Wali Kota Depok Menggelontorkan Dana Operasional Untuk 632 Posbindu DepokHarianDepok.com – Berita, Salah satu bentuk pelayanan kesehatan yang dapat memberikan banyak manfaat pengetahuan untuk para lansia adalah Posbindu. Posbindu sendiri adalah kepanjangan dari Pusat Pelayanan Kesehatan Terpadu untuk masyarakat usia lanjut dalam suatu wilayah yang digerakkan oleh masyarakat setempat. Dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan yang diselenggarakan melalui program pelayanan kesehatan serta diselanggarakan melalui program puskesmas dengan melibatkan keikutsertaan peran lansia, keluarga, serta tokoh masyarakat dan oraganisasi sosial dalam pelaksanaannya.

Sebanyak 632 posbindu di Depok akan memperoleh sejumlah bantuan dana operasional dari pemerintah Kota Depok. Namun sampai saat berita ini diturunkan, baru posbindu di tiga kecamatan yang baru memperoleh bantuan operasional tersebut yakni pancoran mas, Bojongsari dan Tapos. Setiap Posbindu akan memperoleh bantuan dana operasional sejumlah Rp 1.250.000,-. Dari total bantuan yang diberikan, sebanyak Rp 100.000,- disisihkan untuk dana pelatihan kader-kader Posbindu kota Depok.

Sementara itu, tujuan dari dibentuknya Posbindu ini sendiri adalah untuk meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan bagi para lansia dengan memberikan sebuah bentuk pelayanan kesehatan yang disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan lansia. Tujuan lainnya adalah mendekatkan akses pelayanan serta dapat meningkatkan peran serta masyarakat dan juga swasta dalam melayani kesehatan serta meningkatkan komunikasi diantara masyarakat usia lanjut. Tujuan terakhirnya adalah untuk memperoleh peningkatan derajat kesehatan dan juga mutu dari kehidupan ketika seseorang berada dalam usia lanjut untuk mencapai masa tua dengan perasaan bahagia dan berguna bagi keluarga dan masyarakat.

Wali kota Depok, Nur Mahmudi Ismail mengatakan jika semua Posbindu yang ada di kota Depok akan memperoleh bantuan dana operasional. Hal ini terkait dengan tujuan menjadikan Posbindu di kota depok lebih mandiri dan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi. Beliau juga mengungkapkan jika bantuan dan pelatihan yang diberikan membuat para kader Posbindu dapat melayani para lansia dengan santa baik. Para kader harus menjadi contoh ditengah-tengah masyarakat untuk mewujudkan keluarga yang harmonis.

[MuhammadKhotib / HD]

Tags: