Pertanian Organic Di Batu, Malang

Pertanian Organic Di Batu, MalangHarianDepok.com – Berita – Nasional, Kota batu yang terletak di malang jawa timur merupakan kota berhawa dingin. Pemerintah kota telah menganggarkan dana sebesar Rp 3,5 Milyar dalam rangka pengembangan pertanian khususnya pertanian organic. Pemerintah kota batu mulai menerapkan pertanian organik dikarenakan system ini lebih cocok dikembangkan. Mengingat lahan-lahan di kota Batu mulai berkurang kesuburan tanahnya. Disamping itu dengan mengembangkan pertanian organic, pemerintah kota batu yakin akan menghasilkan produk pertanian seperti sayur dan buah-buahan yang aman, sehat dan ramah lingkungan.

Rabu, 22 Oktober 2014 diadakan Seminar Internasional tentang pertanian organic yang dihadiri Wali kota Batu, Panjul Santosa. Berdasarkan keterangan bapak Wali kota, pemerintah kota batu untuk tahun ini telah menganggarkan dana sejumlah Rp 500 juta. Dana tersebut akan di alokasikan untuk pengadaan penyuluhan-penyuluhan terhadap masyarakat kota batu. Sedangkan tahun depan, tahun 2015, dengan persetujuan pihak legislatif, pemerintah kota batu akan menambah anggaran sebesar Rp 3 Milyar.

Dengan anggaran yang telah disediakan, diharapkan pertanian dikota batu akan lebih berkembang. Berdasarkan Kepala Dinas Pertanian dan kehutanan Kota Batu, Arif As Sidiq menyatakan anggaran anggaran tersebut akan di alokasikan juga untuk menyediakan bermacam-macam pembasmian hama dan alat pertanian. Jenis pembasmian hama yang akan digunakan adalah system dump plot dan system organik. System tersebut merupakan budi daya pertanian dengan model membuat rumah-rumah.  Dump plot ini akan di aplikasikan di beberapa wilayah, yang di rasa cocok dengan system ini. wilayah tersebut adalah Tlekung, Sisir, Giripurno, Pendem dan Tulungrejo.

Pemerintah kota Batu tidak hanya menganggarkan dana untuk penyuluhan dan  pembasmian hama saja, namun Pemerintah kota batu juga akan mengkonsolidasi kegiatan pasca panen, pengadaan bibit dan benih serta cooling room.  Hal itu telah di ujarkan oleh kepala dinas pertanian dan kehutanan kota batu Arif As Sidiq. Petani organic kota Batu juga akan mendapat fasilitas dan dukungan dari dinas Pertanian dan Kehutanan. Kegiatan tersebut bertujuan guna menyukseskan program perubahan system pertanian organic dengan pemberian insentif.

[AndriIdaman/HD]

Rate this article!
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)