Hebat: Dokter Di Negara Australia Mampu Mencangkok Jantung Yang Sudah Tidak Berdetak

Dokter Di Negara Australia Mampu Mencangkok Jantung Yang Sudah Tidak BerdetakHarianDepok.com – Berita – Internasional, Sebuah kejutan terjadi di Australia dimana tim dokter yang ada di negara tersebut berhasil mencangkok jantung yang sudah tidak berdetak. Hal ini memang menjadi perbincangan hangat bagi seluruh ahli jantung di dunia. Itu dikarenakan sangat sulit sekali untuk mencangkok jantung yang sudah tidak memiliki detak. Dengan keberhasilan ini juga membuat banyak orang yang semakin bersemangat untuk mendonorkan jantung mereka setelah mati nanti.

Salah seorang direktur pada institut Victor Chang di kota Sydney menyatakan jika tehnik yang digunakan adalah tehnik baru dan bisa dikembangkan menjadi lebih sempurna. Dalam kajian yang dia lakukan tehnik baru tersebut bisa menyelamatkan sekitar 30 persen penderita penyakit jantung. Tim dokter yang ada di sebuah rumah sakit di Australia belum lama ini berhasil melakukan cangkok jantung yang sudah berhenti berdetak selama 20 menit.

Untuk bisa membuat jantung tersebut kembali normal para dokter menggunakan sebuah alat yang memiliki tekanan pacu. Tetapi ada juga sebuah cairan yang digunakan pada proses tersebut. Cairan tersebut disuntikkan untuk membuat jantung kembali normal dan bekerja dengan baik. Untuk bisa mengembangkan cairan tersebut tim dokter sudah bekerja keras selama 12 tahun.

Banyak orang yang belum memahami jika seseorang meninggal maka tidak otomatis jantung ikut mati. Kadang ada sel dalam jantung yang masih bekerja dengan baik. Umumnya jantung berhenti berdetak dikarenakan otak yang berhenti bekerja. Memang ada kaitan yang sangat erat antara fungsi kerja otak dan jantung. Memang ada syarat khusus agar jantung yang sudah tidak berdetak bisa digunakan untuk cangkok jantung. Syarat tersebut adalah jantung masih dalam keadaan baik dan tidak terlalu lama disimpan karena jika jantung terlalu lama simpan maka akan membuat sel dalam jantung tersebut tidak bisa untuk dicangkok.

Adanya penemuan ini juga membuat dokter di negara lain mulai bekerja keras untuk menemukan hal yang bermanfaat serta sensasional. Belum lama ini dokter dari Jepang telah melakukan kunjungan ke Australia untuk mempelajari lebih detail sistem cangkok terbaru ini.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)