Menguat 0,91 Persen, Indeks Saham Ditutup Pada Sesi I

Menguat 0,91 Persen, Indeks Saham Ditutup Pada Sesi IHarianDepok.com – Bisnis, Pada penutupan perdagangan sesi pertama Indek Harga gabungan (IHSG) di bursa efek Indonesia telah menguat 45,55 poin yaitu pada 0,91 persen menjadi pada level 5.074,89. Tiesha Narandha Putri yang merupakan Analisi PT Samuel Sekuritas Indonesia Indeks harga Saham Gabungan mengalami penguatan dikarenakan Bursa saham Amerika dan Asia yang juga mengalami kenaikan. Secara tidak langsung harga indeks gabungan (IHSG) juga mengalami kenaikan secara significant.

Disisi lain, Tiesha juga menyatakan walaupun tengah terjadi perlambatan produk domestik bruto China kuartal III, yang merupakan sentiment negative yang sebenarnya merupakan signal baik. Peningkatan stimulus bank sesentar Eropa dan Jepang yang membangun harapan akan kinerja global yang juga tindakan mendorong penguatan IHSG di bursa efek Indonesia.

Hampir seluruh bursa saham di Asia juga mengalami penguatan yang significant. Tidak hanya bursa saham di Asia, indeks Dow Jones juga menguat pada angka 1,31 persen yaitu pada level 16. 614, 81. ECB dan BOJ telah menduga bahwa program stimulus akan dinaikkan yang akan memuat investor menjadi lebih optimis terhadap prospek perekonomian global yang tentunya akan lebih stabil dari sebelumnya. Hingga istirahat siang indeks Nikkei 225 telah menguat menjadi 2,31 persen ke level 15. 146, 54. Sedangkan indeks hang Seng juga menguat 1, 5 persen pada level 23, 444, 23 juga.

Disisi lain laju saham pertambangan juga tengah melaju. Kenaikan tersebut dipicu oleh harga minyak dunia yang sedang menguat ke level US$ 86, 2 per barel. Berdasarkan kenaikan tersebut, saham-saham pertambangan dinyatakan melaju sebanyak 2 persen. Sedangkan saham ITMG juga mengalami kenaikan 4,1 persen menjadi menguat di level Rp 20.900 per lembar saham. Saham ADRO juga mengalami kesamaan dengan saham lainnya, saham andro mengalami peningkatan yang significant yaitu menjadi meningkat pada angka 5,1 persen dan meningkat menjadi Rp 1.025 per lembar saham. Kenaikan beberapa saham ini tentunya juga diharapkan pada hari besuk, pada sesi pertama maupun sesi kedua.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)