Ramalan Struktur Kabinet Bentukan Jokowi Jk

Ramalan Struktur Kabinet Bentukan Jokowi Jk

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Jakarta, sampai dengan hari Selasa (21-10-2014) malam, Presiden terpilih Joko Widodo belum mengumumkan kepada media terkait dengan struktur kabinet maupun nama-nama menteri yang akan menjabat di kabinet tersebut. Tim kompas sempat mendapatkan sejumlah petunjuk saat ketua Tim Transisi Rini Soemarno yang datang ke istana kepresidenan tengah membawa selembar kertas yang diduga berisi tentang bagan struktur kabinet yang akan dibentuk oleh presiden terpilih kita.

Bagan tersebut berisi empat bagian dengan warna yang berbeda-beda untuk setiap bagian-bagiannya. Sedangkan di atas tiap-tiap bagian terdapat tulisan kementrian koordinator yang dibawahnya diikuti dengan kementrian-kementerian. Salah satu daftar bagan yang dapat tim kami lihat adalah bagan yang menunjukkan tentang Menteri Koordiator Politik, Hukum, dan Keamanan yang terdiri dari 6 kementrian. Diantara kementrian-kementrian tersebut adalah kementerian dalam negeri, kementerian luar negeri, kementerian pertahanan, kementrian Hukum dan HAM, kementrian komunikasi dan informatika, serta kementrian pemberdayaan aparatur negara dan reformasi birokrasi. Disamping bagan tersebut ada beberapa pos seperti badan intelejen negara, TNI, polri, dan satu pos lagi yang tak terbaca.

Sementara itu di bagan lainnya menunjukkan adanya bagan yang lain yakni kementerian koordinator kemaritiman yang membawahi 4 kementrian dibawahnya yakni kementrian perhubungan, kementerian kelautan dan perikanan, kementerian pariwisata, dan yang terakhir adalah kementerian  ESDM. Selain itu ada satu susunan kementerian lagi yang tidak bisa tim kami baca dengan jelas nama kementriannya, namun kementerian tersebut membawahi 10 kementrian dibawahnya yakni kementerian BUMN, kementerian koperasi dan UMKM, kementerian perindustrian, kementerian perdagangan, kementerian pertanian, kementerian ketenagakerjaan, kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat, kementerian kehutanan, kementerian Agraria dan Tata ruang, serta satu lagi kementrian yang tak terlihat.

Ada juga beberapa daftar susunan kementrian dalam kabinet bentukan Jokowi Jk yang lainnya yang tidak bisa kami baca dengan jelas seperti Kementerian koordinator pembangunan (tidak terbaca lanjutannya) yang membawahi 8 kementerian seperti kementerian agama, kesehatan dan masih banyak lagi.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: