Benarkah Susu Kedelai Baik Untuk Kesehatan?

Benarkah Susu Kedelai Baik Untuk Kesehatan?

HarianDepok.com – Kesehatan , Susu kedelai dibuat dengan mengolah kedelai dan dikonsumsi oleh para vegetarian dan orang yang menderita intoleransi laktosa. Susu kedelai sarat dengan nutrisi, tapi apakah manfaat mengkonsumsi susu kedelai lebih besar daripada kekurangan potensinya?

Jumlah kalori dalam susu kedelai bervariasi sesuai dengan rasa. Hal ini berguna untuk orang-orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan, karena susu kedelai secara alami bebas lemak. 100 ml susu kedelai mengandung 54 kalori.

Dalam hal kandungan protein, susu kedelai dikemas dengan protein kedelai, yang mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan menaikkan tingkat kolesterol HDL (kolesterol baik). Susu kedelai, bagaimanapun, tidak seefektif susu lainnya dalam mempromosikan pertumbuhan otot, susu sapi mengandung kasein dan whey protein yang baik dalam membangun otot.

Susu kedelai memiliki sejumlah gizi. Hal ini diperkaya dengan vitamin dan mineral penting. Secangkir susu kedelai mengandung 7 gram protein, 8 gram karbohidrat dan 1 gram serat makanan. Kandungan lemak dalam susu kedelai tak jenuh dan jantung sehat. Susu kedelai juga merupakan sumber yang baik dari vitamin A, vitamin D dan kalsium.

Studi juga menunjukkan bahwa kedelai efektif dalam mencegah dan mengobati kanker prostat dan bisa mengurangi gejala menopause seperti hot flashes. Meskipun susu kedelai dianggap pengganti yang lebih sehat untuk susu jenis lainnya, tetapi bukan pilihan yang tepat untuk semua orang.

Susu kedelai mengandung phytoestrogen. Phytoestreogens meniru hormon estrogen tubuh dan dapat menyebabkan ketidakseimbangan testosteron atau mengurangi kesuburan dan jumlah sperma pada pria.

Jumlah besar susu kedelai berpotensi mengubah siklus menstruasi dan produksi alami estrogen dalam tubuh wanita. Hal ini dapat meningkatkan risiko kanker payudara atau kanker rahim pada wanita.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)