Pemerintah Nigeria dan Boko Haram Lakukan Gencatan Senjata

Pemerintah Nigeria dan Boko Haram Lakukan Gencatan Senjata

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Pemerintah Nigeria telah mencapai kesepakatan dengan kelompok militan Islam Boko Haram untuk melakukan gencatan senjata dan pembebasan sekitar 200 anak perempuan yang telah diculik enam bulan yang lalu dari sebuah sekolah di kota sebelah timur laut Chibok.

“Saya ingin memberitahu bahwa perjanjian gencatan senjata telah berhasil dilakukan,” kata Marsekal Alex Badeh dalam sebuah pernyataan setelah pembicaraan tiga hari dengan kelompok militan yang telah mendatangkan malapetaka di timur laut produsen minyak terbesar di Afrika tersebut.

Sebuah sumber kepresidenan mengatakan perjanjian membentang dengan gadis-gadis, yang diculik dari sebuah sekolah menengah di Chibok dekat perbatasan Kamerun pada bulan April, memicu protes di seluruh dunia.

Gadis-gadis tetap di penangkaran sejak itu, meskipun polisi dan orang tua dari beberapa siswa yang hilang bulan lalu mengatakan salah seorang gadis telah dibebaskan.

Presiden Goodluck Jonathan mendapat kritikan keras untuk respons yang lambat dalam menangani penculikan dan untuk ketidakmampuannya dalam memadamkan kekerasan oleh militan Islam, dipandang sebagai ancaman keamanan terbesar bagi perekonomian terbesar di Afrika.

Boko Haram, yang namanya secara kasar diterjemahkan sebagai ‘pendidikan Barat adalah dosa’, telah menewaskan ribuan orang dalam pemberontakan lima tahun yang bertujuan untuk menciptakan sebuah kekhalifahan Islam di timur laut Nigeria.

Satu sumber keamanan Nigeria senior yang membenarkan adanya pembicaraan, namun mengatakan masih belum jelas apakah Abuja sedang bernegosiasi dengan pemimpin gerakan Abubakar Shekau, atau faksi lain dalam kelompok.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok