BPMK Depok Usulkan Pembangunan Kota Ramah Gender

BPMK Depok Usulkan Pembangunan Kota Ramah Gender

HarianDepok.com – Berita , Pembangunan fasum (fasilitas umum), khususnya yang dilakukan oleh pemerintah harus memperhatikan konsep kesetaraan gender. Konsep ini dirasa penting untuk pembangunan agar pelayanan pada seluruh masyarakat bisa terpenuhi.

Kepala BPMK Kota Depok, Rina Fitriani menyampaikan bahwa gender dalam hal ini sangat berbeda dengan jenis kelamin, gender bisa diartikan sebagai suatu persamaan peran, tanggung jawab dan fungsi laki laki serta perempuan.

Salah satu strategi yang dilakukan untuk mencapai kesetaraan gender yaitu dengan pengintegrasi pengalaman, kebutuhan apresiasi dan permasalahan laki-laki juga perempuan dalam pelaksanaan dari seluruh kebijakan pembangunan di berbagai bidang.

“Intinya setiap bidang pembangunan perlu didasari oleh konsep persamaan gender dan bidang pembangunan fisik, tak terkecuali,” kata Rina.

Menurutnya sekarang ini Depok tengah mencoba melakukan pembangunan fisik yang didasari program persamaan gender, dengan harapan semua warga Depok bisa menggunakan fasilitas umum tersebut.

Salah satu diantaranya adalah dalam bidang kesehatan, Puskesmas di Depok saat ini sudah dilengkapi dengan loket khusus untuk lansia, juga pembangunan lantai bagi para disabilitas yang menggunakan kursi roda. Dalam bidang pendidikan, marka zona aman yang terdapat di depan setiap sekolah juga termasuk mendukung konsep kesetaraan gender.

“Berbicara program kesetaraan gender ini, tak cuma soal laki-laki dan perempuan saja. Lansia,  disabilitas dan anak-anak juga termasuk,” jelasnya saat ditemui di Depok.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)