Kadin Usulan Minyak Kelapa Sawit Sebagai Bahan Bakar Biodisel

Kadin Usulan Minyak Kelapa Sawit Sebagai Bahan Bakar Biodisel

HarianDepok.com – Bisnis , Penggunaan minyak sawit mentah (CPO) sebagai bahan bakar biodiesel dapat mengurangi belanja negara sebesar $ 2,43 juta. Hasil ini dilaporkan oleh Kamar Dagang Indonesia dan Industri (Kadin).

“Belanja negara dapat dihemat dengan menggunakan CPO sebagai biodiesel karena negara akan mengurangi impor minyak diesel 28,6 persen,” kata Ketua Kadin untuk Agribisnis dan Urusan Pangan Franky O. Widjaja.

Manfaat lain yang berasal dari penggunaan CPO sebagai bahan bakar biodiesel adalah bahwa negara akan menerima pajak keluar senilai Rp 25 triliun per tahun.

Selain itu, pemerintah juga akan menerima Rp 10 triliun pajak bumi dan bangunan, Rp 10 triliun pajak perusahaan, dan Rp 4 triliun dari pajak STNK motor.

“Pendapatan lain dapat berkontribusi secara langsung maupun tidak langsung meliputi rata-rata 200 meter kubik kayu kelapa sawit per hektar yang dapat dipanen pada umur daur ulang,” tambahnya.

Saat ini, Indonesia memiliki 10 juta hektar perkebunan kelapa sawit. Dari jumlah itu, sekitar delapan persen dikelola oleh perusahaan negara, 49 persen oleh industri CPO swasta, dan persentase sisa milik petani kecil.

Franky menunjukkan bahwa pemanfaatan CPO sebagai sumber energi belum mencapai tingkat yang optimal, petani sawit khususnya, masih kekurangan pemahaman pengolahan CPO menjadi produk energi terbaru

“Perkebunan kelapa sawit bisa berfungsi sebagai kekuatan ekonomi regional dan internasional di sektor pertanian melalui berbagai inovasi dan terobosan oleh pemerintah dan sektor swasta,” tambahnya.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok