Polisi Hong Kong Mulai Tertibkan Para Demonstran

Polisi Hong Kong Mulai Tertibkan Para Demonstran

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Polisi Hong Kong Jumat kemarin telah melakukan serangan fajar untuk menghapus barikade yang didirikan oleh demonstran pro-demokrasi di seluruh kawasan Mong Kok saat para demonstran sedang tidur.

Operasi itu adalah yang terbaru setelah protes telah berlangsung selama tiga minggu dan sebagian pusat keuangan Asia lumpuh total.

Serangan itu menangkap pengunjuk rasa yang lengah. Polisi mengalami sedikit perlawanan, tidak seperti beberapa hari terakhir ketika ada bentrokan kekerasan. Situasi agak sedikit terkendali, karena para demonstran masih belum siap dan lemas. Namun, ada beberapa pengunjuk rasa menyampaikan kemarahannya dengan tindakan tersebut.

“Saya sangat marah. Pemerintah mengatakan akan berbicara dengan mahasiswa tentang masalah ini, tapi mereka datang dan menangkapi kami. Ini sungguh tak pantas dilakukan, kami ini ingin keadilan,” ucap Cony Cheung, 21 tahun, seorang pramuniaga produk perawatan kulit, kepada Reuters.

Sementara itu, Chief Executive Hong Kong Leung Chun-ying telah berjanji untuk mengadakan pembicaraan dengan para pengunjuk rasa pekan depan.

“Kami masih menunggu penyelesaiannya. Kami tak akan pergi,” sambung Cony.

Polisi juga mengerahkan mobil polisi untuk memblokir akses ke situs protes di Mong Kok. Sekitar 800 petugas dikerahkan dalam lokasi. Serangan itu terjadi hanya beberapa hari setelah ratusan petugas polisi menggunakan palu godam dan gergaji untuk meruntuhkan barikade yang didirikan oleh demonstran untuk membuka kembali jalan utama.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: