Para Petinggi Dunia Bakal Hadiri Pelantikan Jokowi-JK

Para Petinggi Dunia Bakal Hadiri Pelantikan Jokowi-JK

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Presiden AS Barack Obama telah menunjuk beberapa politisi untuk menghadiri pelantikan presiden terpilih Joko Widodo yang akan digelar Senin, Oktober 20. Dalam sebuah pernyataan tertulis di situs Gedung Putih yang dirilis hari ini, Obama akan mengirimkan Menteri Luar Negeri John Kerry ke Indonesia.

Kerry akan didampingi oleh Duta Besar AS untuk Indonesia Robert O. Blake Jr. Asisten Menteri Luar Negeri untuk Biro Asia Timur dan Pasifik Daniel R. Russel, Peace Corps Direktur Carolyn Hessler-Radelet, Kepala Deputi Asisten Sekretaris Biro Asia timur dan Pasifik Scot Marceil dan Deputi Asisten Menteri untuk International dan Bahasa asing Pendidikan Mohamed Abdel-Kader.

Presiden Obama sebelumnya telah mengucapkan selamat kepada Jokowi melalui telepon pada 23 Juli setelah hasil pemilihan presiden diumumkan.

Pada percakapan telepon, Obama menyatakan minatnya untuk memperkuat hubungan diplomatik dengan Indonesia. “Dia bilang dia ingin menegaskan kembali hubungan Indonesia-AS,” kata Jokowi.

Selain itu Perdana Menteri Australia, Tony Abbott juga akan menghadiri pelantikan Presiden Jokowi. Tapi tampaknya bahwa ia akan datang atas inisiatifnya sendiri meskipun tidak menerima undangan resmi.

“Tidak, mereka datang dari inisiatif mereka sendiri seperti yang diungkapkan melalui kedutaan mereka,” ucap Agus Subagyo, juru bicara kantor informasi dari Indonesia.

Bukan hanya itu, menurut laporan-laporan mengatakan bahwa Sultan Brunei, Hassanal Bolkiah, Papua Nugini Gubernur Jenderal Michael Ogjio, Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak, Perdana Menteri wakil Thailand Tanasak Patimapragorn, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Perdana Menteri Haiti Laurent Lamothe akan hadir di acara tersebut.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: