Perbanas : Infrastruktur Bank Krusial untuk Pembangunan Negara

Perbanas : Infrastruktur Bank Krusial untuk Pembangunan Negara

HarianDepok.com – Bisnis , Sigit Pramono, Ketua Asosiasi Bank Nasional (Perbanas), sekali lagi menekankan pentingnya proyek khusus bank keuangan infrastruktur dan investasi jangka panjang lainnya.

“Kita perlu pembangunan infrastruktur dan investasi jangka panjang untuk mempercepat mengeluarkan Indonesia dari menjadi negara berpenghasilan menengah,” kata Sigit saat peluncuran buku berjudul ‘Mimpi Punya Bank Besar’ atau ‘The Dream Big Bank di Jakarta, kemarin.

Sebuah bank pembangunan khusus adalah penting, menurut Sigit, karena struktur dana pihak ketiga yang dikumpulkan dalam proyek infrastruktur tidak menarik bank komersial. Itu sebabnya, kata dia, kapasitas perbankan harus diperbesar sehingga bisa mendorong pembangunan Indonesia. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan menyepakati cetak biru bagi industri perbankan Indonesia, rencana yang dikenal sebagai Rencana Pengembangan Perbankan Indonesia.

Menunjukkan tren saat ini penyaluran kredit umum, ekonom Universitas Indonesia Lana Soelistianingsih memproyeksikan perlambatan sampai akhir tahun. Hal ini sebagian tercermin dalam pertumbuhan menurun dari kredit modal kerja.

“Perlambatan dapat disebabkan oleh membatasi bank dalam memberikan pinjaman atau dengan menerapkan kebijakan tingkat bunga yang tinggi,” katanya.

Survei Bank Indonesia untuk industri perbankan di kuartal ketiga 2014, yang dirilis pada hari Rabu, menunjukkan perlambatan dalam pertumbuhan kredit baru. Faktor utama yang menyebabkan perlambatan ini, menurut survei, adalah rendahnya permintaan pembiayaan konsumen, naiknya suku bunga dan risiko kredit yang meningkat.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)