Polisi Israel Larang Warga Palestina Masuki Masjid Al-Aqsa

Polisi Israel Larang Warga Palestina Masuki Masjid Al-Aqsa

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Ketegangan terus meningkat di daerah-daerah di sekitar Masjid Al-Aqsa di Yerusalem kemarin. Polisi Israel melarang jamaah Palestina memasuki kompleks untuk melakukan shalat Subuh mereka sehari setelah bentrokan antara polisi dan Palestina.

Banyak jamaah mencoba untuk memasuki kompleks dan tak mempedulikan polisi yang mencegah mereka, tapi mereka yang rata-rata berusia 60-tahun memasuki tempat suci, memaksa banyak orang Palestina shalat subuh di jalanan.

Al Jazeera melaporkan bahwa polisi menggunakan granat kejut untuk membubarkan banyak jamaah muda yang menolak diblokir dari situs.

Ini datang setelah hari pertempuran di kompleks masjid pada hari Senin setelah kelompok-kelompok Yahudi dan non-Yahudi memasuki kompleks dengan polisi Israel untuk Sukkot libur Yahudi.

Aktivis Yahudi sayap kanan telah secara terbuka menyerukan kepada pemerintah Israel untuk berlatih kedaulatan dan kontrol atas Al-Aqsa, yang berada di bawah perwalian Jordan. Namun, Palestina sangat menegaskan kembali bahwa mereka adalah orang-orang yang memenuhi syarat karena merupakan salah satu tempat suci bagi umat Islam.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyalahkan “kelompok-kelompok ekstremis Palestina” untuk menyebabkan bentrokan pada Senin.

Dia membantah bahwa Israel berada di belakang provokasi. “Israel berkomitmen untuk mempertahankan status quo (Al-Aqsa) persis seperti yang telah selama beberapa dekade terakhir. Apa yang kita lihat adalah taktik dari ekstrimis Palestina yang menyebarkan kekerasan melalui provokasi,” katanya di hadapan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon pada hari Senin.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: