Militan IS Hampir Jejaki Kota Baghdad

Militan IS Hampir Jejaki Kota Baghdad

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Milisi bersenjata dari kelompok Islam garis keras Negara Islam (IS) maju ke kota Amriyat al-Fallujah di Irak, salah satu dari beberapa kota-kota yang masih di bawah kendali pemerintah.

Kepala Polisi Irak Aref al-Janabi mengatakan bahwa pejuang IS mendekati dari tiga arah.

“Kami hampir dikelilingi,” katanya melalui telepon.

“Sejauh ini, kami telah berhasil bertahan,” kata al-Janabi. “Sejumlah pejuang pemberontak berada di pihak kita, tetapi jika Amriyat jatuh, IS akan pasti maju menuju Baghdad dan Karbala.”

Amriyat al-Fallujah terletak sekitar 35 kilometer sebelah barat Baghdad, yang masih di bawah kendali pemerintah. Sebuah kubu IS terletak dekat kota dan sungai Efrat, serta pintu gerbang Jurf al-Sakhr ke kota suci Syiah Karbala.

Pasukan pemerintah telah mengalami sejumlah kemunduran di provinsi Anbar pada beberapa minggu terakhir, yang menyebabkan serangkaian peringatan dari para pejabat senior bahwa seluruh provinsi dapat jatuh di bawah kontrol IS dalam beberapa hari mendatang.

Pasukan ditarik dari dasar dekat kota Heet untuk kembali bergabung basis utama di padang pasir, sementara pasukan pemerintah terus mempertahankan wilayah mereka di Ramadi.

Sejumlah pejabat di Anbar percaya bahwa intervensi militer Amerika Serikat (AS) akan menyebabkan kejatuhan Anbar.

Pada hari Selasa, seorang pemimpin suku Sunni di Kurdistan, Sheikh Ali Hatem al-Suleiman disebut koalisi Arab yang dipimpin AS untuk kembali ke Irak. Namun, pemerintah Irak yang didominasi Syiah telah mengesampingkan intervensi militer darat.

[MuhammadKhotib/HD]

Rate this article!
Tags: