Bappenas Luncurkan Program Internet Guna Tumbuhkan Ekonomi Nasional

Bappenas Luncurkan Program Internet Guna Tumbuhkan Ekonomi Nasional

HarianDepok.com – Bisnis , Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) meluncurkan program akses internet dengan kecepatan tinggi yang disebut sebagai Rencana Broadband Indonesia 2014-2019. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Armida Alisjahbana mengatakan pada Rabu 15 Oktober, 2014, pemerintah harus memprioritaskan program yang ia canangkan karena dapat mengurangi kesenjangan antar daerah.

Peluncuran Program dihadiri oleh mantan Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring, Menteri Riset dan Techology Gusti Muhammad Hatta, Ketua Dewan Teknologi Informasi Nasional Ilham Habibie, dan Kabupaten Banyuwangi Abdullah Azwar Annas.

Tifatul Sembiring mengatakan bahwa program ini akan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

“Ya, jelas ini akan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional,” ucap Tifatul.

Program broadband meliputi lima prioritas pembangunan: e-government, e-health, e-education, e logistik dan e-procurement. Pemerintah telah menetapkan target untuk mencapai 71 persen rumah tangga dan 30 persen dari populasi dengan akses internet broadband pada 2019.

“Program broadband ini meliputi lima prioritas pembangunan, yaitu e-government, e-health, e-education, e logistik dan e-procurement,” sambungnya.

Infrastruktur broadband diharapkan untuk menutup 49 persen dari rumah tangga dan enam persen dari populasi. Infrastruktur ini juga diharapkan untuk menyediakan akses internet mobile untuk 52 persen dari populasi.

Total anggaran yang dialokasikan untuk program ini adalah Rp 278 triliun (US $ 23200000000), dengan 10 persen dari total anggaran berasal dari APBN.

“Sepuluh persennya diambil APBN,” sambungnya.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)