Sekjen PBB Kutuk Serangan di Masjid Al-Aqsa

Sekjen PBB Kutuk Serangan di Masjid Al-Aqsa

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon telah menentang “provokasi” di tempat suci Yerusalem, beberapa jam setelah polisi Israel bentrok dengan demonstran Palestina di dekat masjid Al-Aqsa.

“Saya sangat prihatin dengan provokasi pada tempat-tempat suci di Yerusalem. Ini hanya mengobarkan ketegangan dan harus berhenti,” katanya pada konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah di Ramallah.

Sepuluh orang dilaporkan terluka sebelumnya pada Senin pagi ketika pasukan Israel menghadapi demonstran memprotes Yahudi Ortodoks memasuki kompleks Al-Aqsa untuk merayakan festival Sukkot.

Juru bicara Kepolisian Israel Luba Samri mengatakan bahwa pemuda melemparkan batu dan benda-benda pembakar pada pasukan keamanan dan mengatur barikade darurat.

“Ketika polisi mulai membubarkan mereka, para pengunjuk rasa berlindung di dalam Al-Aqsa, yang polisi Israel tidak memiliki izin untuk masuk,” katanya.

Sebuah laporan alternatif yang dikatakan oleh kantor berita Palestina, Maan. Mereka mengatakan bahwa polisi memasuki masjid melalui gerbang Al-Magharibah dan Al-Silsilah dan mulai menyerang orang Palestina yang baru saja selesai shalat subuh.

“Setidaknya 50 warga Palestina terluka dalam bentrokan itu,” kata kantor berita Maan.

Insiden ini terjadi satu hari setelah sejumlah negara menjanjikan bantuan US $ 5,4 miliar untuk pengembangan Jalur Gaza. Hal ini dibahas dalam konferensi Kairo diadakan untuk mengumpulkan dana untuk rekonstruksi Gaza yang hancur karena serangan oleh pasukan Israel Juli lalu hingga Agustus, menewaskan 2.200 warga Palestina.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: