Pakar Perkotaan: Konsep Distrik Cocok Untuk Depok

Pakar Perkotaan: Konsep Distrik Cocok Untuk Depok

HarianDepok.com – Berita , Depok harus bisa berkembang jadi sentra bisnis untuk industri jasa dan perdagangan yang sejak dulu terkonsentrasi di Jakarta.Wilayah selatan kota Jakarta ini, harus bisa bersinergi dengan arah pengembangan Jakarta dalam lima  tahun kedepan.

Emil Dardak salah seorang pakar perkotaan menyarankan, agar arah pembangunan Depok menggunakan konsep distrik yang mengandalkan penataan ruang di sekitar situ atau danau.

“Pemanfaatan lahan di sekitar situ  dapat memberikan suasana yang lebih damai. Tentunya dengan tetap mempertahankan atau  tanpa mengurangi manfaat daerah situ yang selama ini ada di Depok,” katanya.

Konsep tersebut akan menjadi pilihan, ditambah jika diberikan fasilitas seperti kemudahan akses  ke stasiun kereta. Tentunya ini akan sangat mempermudah warga yang ingin ke Jakarta.

Emil yang sekarang ini disebut-sebut akan maju dalam  pemilihan wali kota  Depok menyatakan, dirinya sebagai salah satu warga Depok ingin sekali melihat Depok semakin maju di masa mendatang.

“Ini ditambah Depok bakal menjadi wilayah calon megapolitan terbesar kedua di dunia dengan 30 juta penduduknya,” katanya.

Gagasannya pun mendapatkan sambutan baik. Hendrik Tangke Allo  selaku Ketua DPRD Depok mengapresiasi gagasan Emil tersebut. Menurutnya, sekarang ini  Depok mempunyai masalah penataan ruang yang tak terkonsep dengan baik.

“Depok  tumbuh tanpa adanya perencanaan yang matang, dimana hal ini terlihat dalam tiga fase, diawali dengan adanya Perumnas, lalu dibukanya Kampus UI Depok, sampai banyaknya kegiatan komersial di ruas Jalan Margonda,” katanya.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: