Angka Pelanggaran Angkutan Umum di Depok Masih Tinggi

Angka Pelanggaran Angkutan Umum di Depok Masih Tinggi

HarianDepok.com – Berita , Angka pelanggaran lalu lintas dari pemilik angkutan umum di Depok, masih sangat tinggi. Diprediksi separuh dari jumlah 2.885 angkot yang ada di Depok tidak mempunyai KIR, selain itu izin trayeknya pun sudah banyak yang kadaluarsa.

Dalam operasi yang diadakan Dishub & Polresta Depok di Jalan Margonda Raya, sedikitnya telah menjaring 50 unit angkutan umum.

“Operasi ini telah menjaring 50 angkot. Ada 8 angkot yang bannya dikempesi serta diamankan karena tidak mempunyai KIR,” ucap Ika Rostika selaku Kepala Seksi Bimbingan Keselamatan dan Ketertiban Dinas Perhubungan Kota Depok, di Jalan Raya Margonda, pada Selasa (14/10).

Dalam razia tersebut, sambung Ika, minimal ada 50 sampai 100 angkot umum yang terbukti tak mempunyai KIR. Meski pun razia selalu digelar dalam seminggu tiga kali.

Ika juga menambahkan, angkutan umum yang terjaring tersebut bakal ditahan sampai pemiliknya menunjukan KIR yang berlaku.

“Ini merupakan operasi rutin dalam memastikan kelengkapan angkutan umum di Depok. Selain tidak mempunyai KIR, kebanyakan sopir angkot  tak punya SIM A. Untuk SIM ini memang harus mengurusnya ke Polda Metro Jaya,” tambah Ika

Ika pun menegaskan, Dishub Depok bakal menindak tegas para sopir angkot yang tak mempunyai kelengkapan dalam berkendara.

Selain itu, Yusmanto  selaku Kepala Bidang Pengendalian dan Operasi Dishub Kota Depok, mengakui kalau pihaknya tak dapat melakukan penahanan pada para pelaku pelanggaran secara keseluruhan.

“Memang tak semua yang bisa ditahan, sebab lahannya tak ada. Angkot yang diamankan dapat diambil usai kami menerima surat resmi yang menyatakan bahwa telah lengkap,” tegas Yusmanto.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)