Kabut Parah Ganggu Penerbangan di Kalimantan

Kabut Parah Ganggu Penerbangan di Kalimantan

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Kabut tebal di Kalimantan telah menganggu jadwal penerbangan antara kota-kota di Kalimantan Timur dan wilayah utara pulau tersebut pada hari Senin, 13 Oktober 2014. Akibatnya, sejumlah bandara telah ditutup untuk operasi sipil, termasuk Bandara Melak di Kutai Barat , dan Samarinda.

“Kabut sangat buruk di sekitar Kutai Barat,” kata Gatot Riyadi, kepala Otoritas Bandara Tanjung Harapan pada Senin (13/10).

Di antara operator terkena dampak adalah Kalstar, sebuah pesawat regional yang memiliki rute perintis di Kalimantan, yang telah dipaksa untuk menunda penerbangan pesawat ulang Tarakan-Tanjung Selor-Samarinda-Melak-Balikpapan, karena adanya kabut tebal di Samarinda dan Kutai Barat.

“Otoritas bandara tidak mau mengambil resiko. Keselamatan penumpang adalah prioritas nomor satu kami,” kata Gatot.

Sebelumnya, layanan untuk Tanjung Harapan Airport juga telah terpengaruh pada Selasa pekan lalu setelah visibilitas batas awan asap mencapai 800-900 meter, secara signifikan kurang dari dua kilometer visibilitas aman jarak yang dibutuhkan untuk pengoperasian pesawat udara.

Penumpang yang terkena dampak, Adi Prasetyo, mengatakan bahwa awalnya semuanya baik-baik saja setelah lepas landas dari Bandar Udara Juata di Tarakan, namun situasi memburuk secara signifikan di Kalimantan.

“Penumpang diminta untuk sabar menunggu sampai kondisi di Samarinda dibersihkan sehingga operasi dapat dilanjutkan kembali, kami diminta pengertiannya dari pihak Bandara,” kata Adi, yang saat itu terjebak di Balikpapan.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok