Sistem Liga Champions Di Ubah Pada Musim Depan

Liga Champions

HarianDepok.com – Sepakbola – Champions , Badan organisasi sepakbola tertinggi Eropa UEFA pada mulai musim depan, sistem penentuan unggulan di fase grup Liga Champions akan berubah. Para juara liga-liga top akan secara otomatis masuk pot satu. Dan UEFA telah resmi memastikan pengundian Liga Champions akan berubah pada musim depan.

Musim-musim sebelumnya, penentuan unggulan di fase grup dilakukan berdasarkan koefisien klub masing-masing. Koefisien klub ini akan dipengaruhi oleh prestasi masing-masing tim di Liga Champions dan Liga Europa dalam lima musim sebelumnya, juga oleh koefisien asosiasi tempat klub bernaung.

Sebagai gambaran, klub-klub yang konsisten melaju ke babak-babak akhir Liga Champions seperti Real Madrid, Barcelona, dan Bayern Munich bisa dipastikan masuk pot 1. Sementara itu, Juventus dan Manchester City masuk pot 2 meski mereka berstatus juara di liga masing-masing.

Mulai musim depan, klub-klub mana saja yang masuk pot 1 tak akan ditentukan oleh koefisien klub. Yang masuk pot 1 adalah juara bertahan Liga Champions dan juara tujuh liga paling top di Eropa (Spanyol, Inggris, Jerman, Italia, Portugal, Prancis, dan Rusia).

“Ini akan disahkan nanti oleh komite eksekutif, tapi ini adalah rekomendasi yang jelas dari komite kompetisi klub bahwa sistem penentuan unggulan berubah mulai musim depan,” jelas Sekretaris Jenderal UEFA, Gianni Infantino, yang dikutip Sky Sports.

“Komite klub merasa harus ada penghargaan tambahan yang diberikan kepada pemenang liga masing-masing,” terangnya.

Saat ini, ranking koefisien ditentukan berdasarkan hasil akumulasi dari lima musim terakhir masing-masing klub di turnamen elit Eropa ini.

Sepakbola adalah soal menang, itu soal kompetisi, itu adalah soal olahraga prestasi. Saya pikir merupakan hal yang wajar kalau tim-tim yang memenangi kompetisi diberi perlakuan spesial seperti ini,

[NandaRiskiawan/HD]

Tags:
author

Author: 

Internet Marketers & Penulis Konten