Timnas U-19 Hanya Mampu Bicara Banyak Di Level Asia Tenggara

Level asia Tenggara

HarianDepok.com – Sepakbola – Nasional , Indonesia tersingkir di Piala Asia U-19 dan oleh sebab itu gagal menggapai mimpi tampil di Piala Dunia U-20 tahun depan. Level “Merah Putih” masih di Asia Tenggara.

Kalah dari Uzbekistan di laga pertama Grup B, lalu hari ini ditekuk Australia 0-1, Evan Dimas dkk. dipastikan masuk kotak dari turnamen junior ini. Hanya menyisakan satu pertandingan melawan Uni Emirat Arab, “Garuda Muda” takkan bisa memenuhi syarat untuk lolos bahkan dengan predikat runner-up grup — karena tim-tim lain memiliki poin yang lebih baik sampai fase ini selesai.

Timnas U-19 tak mampu memenuhi ekspektasi publik sepakbola Indonesia, yang berharap mereka lolos ke semifinal agar bisa tampil di Piala Dunia U-20. Tim ‘Garuda Muda’ tersingkir di babak penyisihan grup setelah kalah 1-3 dari Uzbekistan dan 0-1 dari Australia.

Tadinya, mimpi lolos ke Piala Dunia U-20 tahun 2015 hanya bisa terwujud apabila Indonesia mampu menembus minimal babak semifinal — karena empat tim semifinalis itulah yang akan mewakili Asia di turnamen Piala Dunia Junior di Selandia Baru tersebut.

Itu artinya, Timnas U-19 saat ini belum bisa menembus level dunia bahkan Asia. Kenyataannya, Indonesia masih berkutat di kawasan Asia Tenggara. Itu diteguhkan ketika skuat asuhan Indra Sjafri berhasil menjuarai Piala AFF U-19 tahun 2013, yang digelar di Indonesia.

Di level junior, prestasi terbaik sejauh ini adalah juara Asia di tingkat U-19, yang terjadi di tahun 1961. Timnas U-19 Indonesia juga pernah tampil di Piala Dunia U-20 tahun 1979, tapi kandas di fase grup, kalah dari Argentina, Polandia, dan Yugoslavia. (Baca artikelnya di sini). Bagaimanapun, itulah satu-satunya Piala Dunia yang sejauh ini pernah diikuti indonesia — kecuali Piala Dunia (senior) tahun 1938, dengan nama ‘Hindia Belanda’.

Ferril Raymond Hattu, mantan pesebakbola nasional berkomentar, menyarankan untuk para pemain timnas U-19 saat ini segera mencari klub yang bisa membantu dan membina karir mereka.

[NandaRiskiawan/HD]

Tags:
author

Author: 

Internet Marketers & Penulis Konten