Penyebab Remaja Jadi Perokok Aktif

Penyebab Remaja Jadi Perokok

HarianDepok.com – Kesehatan , Industri rokok masih bebas untuk beriklan di Indonesia, sangat terjangkau pada anak-anak dan remaja. Iklan ini mendorong mereka untuk mencoba rokok.

Menurut data dari Survei Global Tembakau Youth pada tahun 2009, 89,35 remaja Indonesia melihat iklan rokok di billboard, media cetak 76.6%, dan 7,7% diberi rokok gratis.

Sementara studi Muhammadiyah Prof Hamka dan Komisi Nasional untuk Anak tahun 2007 menunjukkan bahwa 70% dari remaja mengaku mulai merokok karena pengaruh iklan, 77% mengatakan iklan menuntun mereka untuk terus merokok, dan 57% mengatakan bahwa iklan mereka mendorong merokok setelah berhenti.

“Salah satu tantangan yang kita semua sangat umum dalam pengendalian rokok adalah masih kuatnya iklan promosi dan sponsor dari perusahaan rokok. Hampir besar dan intens, dan terfokus pada anak-anak menjadi perokok baru,” kata Menteri Kesehatan, Nafsiah Mbol, dalam memulai anti iklan rokok terbaru di Jakarta (10/10).

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Yayasan Paru Dunia (World Lung Foundation) meluncurkan kampanye nasional terhadap merokok dalam bentuk iklan “Berhenti Merokok sebelum Rokok Menikmati Anda.”

Iklan layanan masyarakat untuk menunjukkan bukti salah satu korban rokok stadium 4A kanker tenggorokan, Manat Hiras Panjaitan. Dia merokok dari muda dan menghabiskan tiga bungkus rokok sehari.

Hiras terkena kanker tenggorokan empat tahun lalu dan menjalani operasi. Sekarang ada sebuah lubang di tenggorokannya yang menyebabkan bekas luka sulit untuk berbicara.

[NurMungil/HD]

Rate this article!
Tags:
author

Author: