Kapolri Sepakat Untuk Membubarkan FPI

Kapolri Sepakat Untuk Membubarkan FPI

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Kapolri Jenderal Sutarman menyatakan bahwa ormas Front Pembela Islam (FPI) harus dibubarkan. “Mereka sering menggunakan kekerasan saat menjalankan pawai. Saya pikir organisasi ini tidak layak berada di Indonesia,” kata Sutarman, Sabtu (11/10) kemarin.

Namun, kepala polisi menekankan itu bukan dalam kewenangannya untuk membubarkan ormas. Menurut hukum, hanya perintah pengadilan dapat membubarkan organisasi massa di Indonesia, kata Sutarman.

Jumat lalu, 3 Oktober, Polda Metro Jaya menahan 20 anggota Front Pembela Islam (FPI) atas dugaan keterlibatan mereka dalam kerusuhan dan vandalisme selama demonstrasi di Balai Kota dan di Gedung DPR Jakarta.

Juru bicara dari Polda Metro Jaya Jakarta, Kombes Rikwanto mengatakan polisi yakin para anggota FPI mencoba untuk menciptakan gangguan, karena mereka didapati membawa pisau dan senjata lainnya.

Selanjutnya, polisi menyita dua mobil yang digunakan dalam demonstrasi. Rikwanto mengatakan para demonstran menuntut pencopotan jabatan wakil gubernur Basuki Tjahaja Purnama dalam menggantikan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, yang merupakan Presiden terpilih.

Sesuai hukum, Ahok secara otomatis akan menjadi gubernur ketika Joko Widodo menerima kepemimpinan Indonesia.

Sebelas petugas polisi terluka dalam insiden itu, kata Rikwanto.

Bentrokan antara polisi dan anggota FPI pecah sekitar pukul 3 siang, ketika anggota FPI melemparkan batu ke gedung DPRD, dan mengakibatkan tujuh mobil rusak para.

“Tujuh mobil rusak para, kaca di Gedung DPR juga ada yang pecah,” ucap Rikwanto.

[MuhammadKhotib/HD]

Rate this article!
Tags: