WHO : Asia Tenggara Bisa Jadi Hotspot Virus Ebola

WHO: Asia Tenggara Bisa Jadi Hotspot Virus Ebola

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Asia Tenggara, dengan padatnya perdagangan dan hubungan transportasi dari para pekerja migran, beresiko dari virus Ebola , kata pejabat Organisasi Kesehatan Dunia.

Shin Young Soo, direktur regional WHO untuk Pasifik Barat, mengatakan bahwa Asia Timur telah menjadi “hotspot” untuk penyakit sejenis SARS dan flu burung. Selain itu, kini juga beresiko terserang virus Ebola.

Wabah virus Ebola saat ini telah menewaskan lebih dari 3.800 orang, sebagian besar dari mereka di Guinea, Liberia dan Sierra Leone.

Shin mengatakan negara-negara anggota telah memasang kesiapan infrastruktur yang kuat untuk virus Ebola, dan masing-masing memiliki pusat operasi darurat terkait dengan kantor regional di Manila dan markas WHO di Jenewa.

Li Ailan, direktur keamanan kesehatan dan keadaan darurat di kantor wilayah WHO, mengatakan, dua kandidat vaksin Ebola yang sedang dikembangkan di AS dan Inggris sekarang dalam tahap uji klinis dan vaksin mungkin siap dalam skala terbatas pada Januari.

Petugas kesehatan dan orang-orang yang menangani mayat korban Ebola sedang direkomendasikan sebagai penerima prioritas.

Menteri Kesehatan Filipina Enrique Ona mengatakan Filipina sedang mempertimbangkan permintaan oleh AS dan Inggris bagi negara untuk mengirim petugas kesehatan untuk negara-negara di Afrika Barat yang terserang Ebola, di mana ada kekurangan tenaga kesehatan disana. Sebuah keputusan tegas akan dilakukan dalam waktu seminggu.

Filipina memiliki sekitar 8.000 pekerja di negara-negara yang terkena dampak Ebola di Afrika Barat dan 115 penjaga perdamaian di Liberia.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: